Rabu, 27 Agustus 2014

Wawako Pimpin Upacara HUT RI ke-69

SRR - DUMAI
 Dalam puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Negara Republik Indonesia ke-69 di Lapangan upacara Kantor Walikota Dumai, jalan Tuanku Tambusai Kelurahan Bagan Besar, Minggu (17/8) pagi, Walikota Dumai Khairul Anwar yang seharusnya menjadi inspektur upacara digantikan oleh Wakil Walikota Dumai Agus Widayat. Walikota Dumai Khairul Anwar tidak bisa menjadi inspektur upacara lantaran sakit dan harus mendapatkan perawatan medis. 

Sebelumnya, pada Pemerintah Kota Dumai menggelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Damai Sentosa Bagan Besar dalam rangkat peringatan (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-69 tahun 2014. Apel Renungan Suci dipimpin oleh Komandan Distrik Militer (Kodim) 0303 Bengkalis.

Hadir dalam acara ini, aparat kepolisian, TNI AU, Badan Legislatif, Eksekutif, dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Dumai serta seluruh kepala instansi pemerintahan di wilayah Kota Dumai. Renungan Suci berlangsung khidmat dalam temaram cahaya obor di depan tugu besar di pelataran halaman Taman Makam Pahlawan Damai Sentosa.

Letkol Czi Mahfud Ghozali selaku inspektur upacara, menyampaikan rasa hormat dan belasungkawa kepada arwah para pahlawan yang telah berpulang. 

"Kami yang hadir hari ini, menyatakan rasa hormat kepada para arwah pahlawan. Baik itu pahlawan yang tidak di kenal di daratan, lautan, pulau, lembah, ngarai, lereng dan dasar lautan. Kami menghormati saudara semuanya," hormatnya. 

Upacara Kemerdekaan RI ke-69 di Kota Dumai berlangsung khidmat dan tertib. Tepat pukul 10.00 WIB, sirine detik-detik proklamasi dibunyikan dan naskah teks Proklamasi Kemerdekaan RI langsung dibacakan oleh Ketua DPRD Kota Dumai, Zainal Effendi dilanjutkan  dengan pengibaran bendera sang saka merah putih oleh anggota Paskibra Kota Dumai yang tampil gagah dalam derap langkah didampingi unsur TNI-Polri dengan membentuk Formasi 17-8-45 dan Bendera Merah Putih pun berkibar di angkasa. kemudian mengheningkan cipta.  Upacara ini diikuti ratusan peserta yang terdiri dari TNI, Polri, Pelajar, Mahasiswa, PNS dan undangan lainnya.  Tampak hadir di panggung kehormatan, Ketua DPRD Dumai, H. Zainal Effendi,  Kapolres Dumai, Kajari Dumai, Kepala Badan, Dinas, Kantor, Camat dan Lurah se Kota Dumai. Tidak ketinggalan para pejuang kemerdekaan, seperti pejuang 45, veteran, dan para perintis kemerdekaan, pensiunan TNI-Polri dan janda pejuang kemerdekaan. 

Wakil Walikota Dumai, H.Agus Widayat ditemui usai menjadi Irup mengajak generasi muda untuk mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh pahlawan bangsa dengan berbagai kegiatan positif yang dapat meningkatkan marwah bangsa hingga setara dengan negara-negara maju lainnya.
“ Dan dengan karya nyata anak bangsa, mari kita isi kemerdekaan ini,” ajak Wawako.

Setelah selesai melaksanakan upacara memperingati hari Proklamasi RI ke-69, segenap jajaran pemerintahan dan instansi terkait mengadakan acara malam Resepsi dan Kenegaraan tahun 2014. Acara ini memiliki tujuan untuk kembali membentuk semangat proklamasi 17 Agustus 1945, karena dengan semangat itu kita dapat memajukan pembangunan Indonesia yang semakin maju dan sejahtera. Demikian disampaikan Wakil Walikota Dumai Agus Widayat dalam pidatonya, Minggu (17/8) malam kemarin.

"Dengan semangat proklamasi 17 Agustus 1945, mari kita dukung dan sukseskan kepemimpinan nasional melalui hasil pemilu 2014 yang lalu. Dan selanjutnya mari kita bersama-sama memajukan pembangunan Indonesia menuju yang semakin maju dan sejahtera," ungkapnya.

Dalam pidatonya, Wakil Walikota Dumai juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran pemerintahan, instansi terkait, dan adik-adik Paskibraka yang sudah ikut mensukseskan acara memperingati HUT RI ke-69. Karena  tanpa bantuan dan dukungan itu semua maka seluruh kegiatan yang dilaksanakan hari ini tidak dapat berjalan lancar dan sukses.

"Dalam kesempatan ini saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran pemerintahan, instansi terkait, dan adik-adik Paskibraka yang sudah ikut mensukseskan acara memperingati HUT RI ke-69, saya mengucapkan Dirgahayu. Mari kita gelar kesatuan dan persatuan menuju Indonesia yang maju, khusunya kota Dumai yang semakin gemilang kedepannya," tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar