Kamis, 28 Agustus 2014

Pelaku Seni Binaan Disbudpar Rohul Pukau Penonton di TMII Jakarta

SRR - ROHUL
Riauterkini-PASIRPANGARAIAN - Penampilan Sanggar Anggun Suri binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Rokan Hulu (Rohul) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta berhasil memukau penonton, Ahad (24/8/14).

Penampilan tarian Monimang Anak, lagu Kokek, lagu Tuanku Tambusai serta tarian dan lagu lain berhasil memukau penonton saat tampil mengisi Pekan Agustus di Anjungan Riau TMII, Jakarta.

Sanggar Anggun Suri merupakan para pelaku seni binaan Disbudpar Rohul. Mereka sebagai duta Provinsi Riau untuk mengisi Pekan Agustus di TMII. Rombongan itu sudah bertolak ke Jakarta pada Jumat (22/8/14) lalu.

Pekan Agustus di TMII turut dihadiri Kepala Penghubung UPTD Anjungan Riau Helmiaty Basri, Kepala Pusat Institut Pelatihan Protokol, Humas dan MC Indonesia Abdul Kohir, Kepala Disbudpar Rohul Dra. Yurikawati dan warga Rohul yang tinggal di Jakarta.

Kepala Disbudpar Rohul Yurikawati, sangat bersyukur karena penampilan Sanggar Anggun Suri di TMII mendapat respon baik. Menurut dia, tidak sedikit warga Rohul di tinggal di Jakarta ikut menonton.

"Ini menjadi motivasi kami sebagai duta Provinsi Riau untuk mensukseskan Pekan Agustus tahun ini," kata Yurika, Ahad petang.

Selain tampilkan tarian kreasi dan lagu daerah, Disbudpar Rohul turut membawa MC senior Pemkab Rohul, Parlaungan Siregar, agar suasana pagelaran lebih meriah lagi.

Kegiatan sehari penuh itu menampilkan sebanyak 20 pelaku seni mendapat sambutan baik penonton di TMII, Jakarta. Yurika berharap, penampilan kesenian dari Rohul ikut mempromosikan kebudayaan dan wisata di Kabupaten Rohul kepada masyarakat di Ibukota.

"Selain itu kami juga memberikan cinderamata berupa tas berisikan makanan dan buku-buku khas Rohul. Diharapkan ini menjadi motivasi kami kedepan dalam membawa nama Rokan Hulu agar dikenal masyarakat Indonesia," ujar dia.

Yurika berterima kasih kepada 20 pelaku seni dan tari binaan dinasnya, karena sudah sukses membawa harum nama Kabupaten Rohul. Meski hanya tampil sehari sebagai duta Bumi Lancang Kuning, namun dari kegiatan membuka peluang promosi daerah, kesenian, budaya dan potensi daerah.

Dia menambahkan, tarian dan lagu dibawakan oleh Sanggar Anggun Suri binaan Disbudpar Rohul merupakan adobsi dari tradisi masyarakat Negeri Seribu Suluk sehari-hari. Tradisi itu dituangkan dalam bentuk seni tari dan lagu, sebagai salah satu aset daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar