Kamis, 28 Agustus 2014

249 JCH Rohul Ikuti Manasik Haji Tingkat Kabupaten

SRR - ROHUL
Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Sebanyak 249 Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mengikuti Manasik Haji tingkat kabupaten. Kegiatan terakhir selama tiga hari itu dipusatkan di Masjid Agung Madani Islamic Center Pasirpangaraian, Jumat (22/8/14).

Pada hari pertama Manasik Haji, 110 JCH pria dan 139 JCH wanita mendapatkan teori dan penyuluhan tata cara pelaksanaan ibadah haji. Pada hari kedua, mereka praktek langsung rukun haji. Dan hari ketiga, mereka melakukan penyempurnaan sebagai persiapan pelaksanaan ibadah di tanah suci.

Saat membuka Manasik Haji, Bupati Rohul Drs. H. Achmad M.Si berpesan agar JCH tidak terbebani dengan buku manasik haji, namun lebih konsentrasi untuk melaksanakan ibadah sebaik mungkin.

"Usahakan, agar tidak gara-gara ibadah sunat, kita meninggalkan ibadah wajib disana," kata Bupati.

JCH Rohul juga diminta menjaga kesehatan dan mengatur pola makan, sebab 80 persen ibadah haji termasuk pekerjaan fisik yang membutuhkan fisik kuat. "Aturlah pola makan dengan baik, konsumsi makan yang sehat, istirahat cukup, serta jaga pikiran selama menjalankan ibadah haji," imbau dia.

Sebagai duta dan mewakili daerah, 249 JCH Rohul diharapkan menjaga nama baik Negeri Seribu Suluk selama pelaksanaan haji di tanah suci, apalagi mereka sebagai tamu Allah dan orang-orang pilihan.

"Jaga kekompakan sesama jamaah. Jangan gara-gara persoalan sedikit di antara jemaah, mereka tidak saling tegur sapa," minta Bupati dan mengharapkan 249 JCH mendoakan masyarakat dan daerah agar lebih baik kedepan.

Sementara itu, Kakan Kemenag Rohul Drs. H. Ahmad Supardi Hasibuan MA mengatakan secara prinsip, persiapan proses keberangkatan JCH Rohul sudah 100 persen. Supardi menjelaskan Manasik Haji dilaksanakan selama tiga hari.

"Hari pertama jemaah diberi teori penuh, hari kedua praktek langsung dan ketiga tahap penyempurnaan pelaksanaan," jelas Supardi.

Pada hari pertama Manasik Haji tingkat kabupaten dihadiri 249 JCH Rohul. Kegiatan juga dihadiri mantan Ketua Umum IPHI Provinsi Riau juga sebagai dewan penasehat Himpunan Keluarga Rohul (HKR), Azwar Aziz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar