DI
TAMAN KANAK – KANAK
RIAU-SRR
(*024)
Anak-
anak senang bermain dan melakukan kegiatan
dengan pasir dan air. Sejak balita, sebagian besar anak- anak menikmati
kegairahan bermain dengan pasir dan air, mereka senang memercikkannya dan
menuangkannya kedalam wadah, bejana apa saja dan melemparkan berbagai benda
kedalam air. Begitu juga juga dengan pasir, mereka senang kali menggali dan
mencetak dan mencampurkannya dengan air. Kegiatan seperti ini akan memberi
kesempatan kepada anak untuk membangun dan membentuk. Pada mulanya anak
melakukannya tanpa peralatan yang banyak, tapi akhirnya mereka akan mulai
menggunakan berbagai peralatan, seperti gelas, botol, batu, bola pingpong,
dimana mereka dapat menemukan berbagai kejadian yang akan memenuhi
keingintahuan serta jawaban dari berbagai pertanyaan yang muncul pada pikiran
mereka.
Pasir dan air mendukung perkembangan
dan pemahaman anak, contoh :
1. Perkembangan
matematik ;
a. Menuangkan air
dalam berbagai tempat dan membandingkannya dengan yang lebih banyak.
b. Memperkirakan
jumlah mangkuk air yang akan dibutuhkan untuk mengisi penuh sebuah baskom.
c. Membandingkan berat
berat pasir basah dengan pasir kering.
2. Perkembangan
keilmuan ;
a. Menggunakan
percobaan yang memerlukan pertanyaan dan pengamatan. “apa yang terjadi bila
busa dimasukkan kedalam air?”.
b. Membuat
sesuatu berubah dengan menuangkan air kedalam pasir kering
c. Mengklasifikasikan benda-benda yang tenggelam dan yang
mengapung.
3. Perkembangan
fisik ;
a. Menggunakan
koordinasi mata dan tangan ketika menulis nama atau melukis gambar- gambar
simbolis dipasir yang basah.
b. Menggunakan
koordinasi jari dan tangan sambil menuangkan air dari satu tempat ketempat
lain.
4. Perkembangan
keterampilan budaya dan sosial ;
a. Bekerja
sama dalam suatu kelompok kecil untuk merencanakan kegiatan bersama dan bermain
bersama.
b. Membagi
bahan – bahan yang ditambahkan kedalam bak pasir dan bak air.
c. Membangun
apa yang mereka lihat sendiri atau didalam buku, seperti jembatan, terowongan,
gunung dan lainnya.
5. Perkembangan
emosional ;
a. Membantu
anak yang sedang sedih.
b. Memberi kesempatan,
seperti mengisi tempat air, mencuci baju boneka dan menggantungkanya.
c. Menyelesaikan
masalah melalui kategorisasi bola pingpong yang mengapung dan batu yang
tenggelam.
Oleh karena itu
, hendaknya di setiap
TK terdapat bak
pasir dan bak
air dengan
ukuran
standar agar anak
dapat bekerja dengan
nyaman , ada hal
yang harus di
perhatikan ; air
sebaiknya setiap 2 kali
sehari di ganti .pasir
harus bersih .
Kepustakaan.
Depdikbud, Pedoman guru
bidang pengembangan perasaan ,kemasyarakatan dan
kesadaran
Lingkunga di TK ,
Jakarta 1986
Children
resources international ,INC ,program kelas
yang berpusat pada
anak . Hal 315
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar