Selasa, 29 Oktober 2013

FUNGSI PASIR DAN AIR DALAM KEGIATAN BERMAIN



 DI TAMAN KANAK – KANAK
RIAU-SRR
(*024)

            Anak- anak senang bermain dan melakukan kegiatan dengan pasir dan air. Sejak balita, sebagian besar anak- anak menikmati kegairahan bermain dengan pasir dan air, mereka senang memercikkannya dan menuangkannya kedalam wadah, bejana apa saja dan melemparkan berbagai benda kedalam air. Begitu juga juga dengan pasir, mereka senang kali menggali dan mencetak dan mencampurkannya dengan air. Kegiatan seperti ini akan memberi kesempatan kepada anak untuk membangun dan membentuk. Pada mulanya anak melakukannya tanpa peralatan yang banyak, tapi akhirnya mereka akan mulai menggunakan berbagai peralatan, seperti gelas, botol, batu, bola pingpong, dimana mereka dapat menemukan berbagai kejadian yang akan memenuhi keingintahuan serta jawaban dari berbagai pertanyaan yang muncul pada pikiran mereka.
            Pasir dan air mendukung perkembangan dan pemahaman anak, contoh :
1.      Perkembangan matematik ;
a.       Menuangkan air dalam berbagai tempat dan membandingkannya dengan yang lebih banyak.
b.      Memperkirakan jumlah mangkuk air yang akan dibutuhkan untuk mengisi penuh sebuah baskom.
c.       Membandingkan berat berat pasir basah dengan pasir kering.
2.      Perkembangan keilmuan ;
a.       Menggunakan percobaan yang memerlukan pertanyaan dan pengamatan. “apa yang terjadi bila busa dimasukkan kedalam air?”.
b.      Membuat sesuatu berubah dengan menuangkan air kedalam pasir kering
c.       Mengklasifikasikan  benda-benda yang tenggelam dan yang mengapung.
3.      Perkembangan fisik ;
a.       Menggunakan koordinasi mata dan tangan ketika menulis nama atau melukis gambar- gambar simbolis dipasir yang basah.
b.      Menggunakan koordinasi jari dan tangan sambil menuangkan air dari satu tempat ketempat lain.
4.      Perkembangan keterampilan budaya dan sosial ;
a.       Bekerja sama dalam suatu kelompok kecil untuk merencanakan kegiatan bersama dan bermain bersama.
b.      Membagi bahan – bahan yang ditambahkan kedalam bak pasir dan bak air.
c.       Membangun apa yang mereka lihat sendiri atau didalam buku, seperti jembatan, terowongan, gunung dan lainnya.
5.      Perkembangan emosional ;
a.       Membantu anak yang sedang sedih.
b.      Memberi kesempatan, seperti mengisi tempat air, mencuci baju boneka dan menggantungkanya.
c.       Menyelesaikan masalah melalui kategorisasi bola pingpong yang mengapung dan batu yang tenggelam.

            Oleh   karena  itu   ,  hendaknya   di setiap   TK   terdapat   bak   pasir   dan   bak   air   dengan 
 ukuran  standar   agar  anak   dapat  bekerja   dengan   nyaman   , ada   hal   yang   harus   di   perhatikan  ;   air   sebaiknya   setiap  2 kali   sehari   di   ganti .pasir  harus   bersih  . 

Kepustakaan.
Depdikbud,  Pedoman   guru   bidang   pengembangan   perasaan ,kemasyarakatan   dan   kesadaran 
                       Lingkunga   di   TK  , Jakarta   1986
Children   resources   international  ,INC   ,program   kelas   yang   berpusat   pada   anak  . Hal  315  .             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar