Selasa, 22 Oktober 2013

WISATA ALAM DI TELUK KUANTAN





SRR(*029),Kuantan

Kuantan singing  adalah  ibu kotanya kabupaten teluk Kuantan,merupakan salah satu kabupaten di provinsi riau.
Sebelah barat daya dari ibu kota provinsi RIAU,pekan baru,kabupaten kuantan singing memiliki beberapa kawasan  wisata alam ,di antaranya air terjun  tujuh tingkat batang koban.
Yang  letaknya  tepat di lubuk ambacang ,37 Km dari ibu kota kabupaten ,kemudian  di kec.kuantan mudik ,25 Km dari pusat kabupaten ,selain itu terdapat  juga air terjun 7 Gemurai kasang,sedangkan danau kebun nopi ada terletak di kota lubuk jambi.
Selain dari pada wisata alam,kabupaten kuantan singingi juga terkenal dengan sebuah kota jalur,di  karenakan setiap tahun nya di kota teluk kuantan di adakan event pacu jalur nasional  yang merupakan pestipal tahunan terbesar untuk daerah Kab.kuantan
Sebagai tujuan wisata nasional yang di  ikuti oleh kabupaten tetangga ,perahu panjang atau dengan sebutan jalur yang panjang nya  25 Meter hingga 40 Meter .yang berisikan 60 orang para pedayung atau yang di sebut ANAK PACU.
Tradisi pacu jalur ini di adakan satu tahun sekali di sungai batang kuantan tepatnya di tepian Narosa,Pegelaran-pegelaran seni juga kerap di adakan oleh Pemkab ,Dinas pariwisa untuk memeriahkan  acara yang akan di gelar satu tahun sekli  ini,yang juga di ikuti kabupaten tetangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar