Jumat, 18 Oktober 2013

Wartawan, Antara Tugas Dan Teror


Pinggir-Bengkalis
Suara Rakyat Riau

            Dunia Jurnalistik adalah dunia yang memiliki begitu banyak fenomena yang sangat Universal dan penuh dengan tantangan, baik tantangan dalam menjalankan tugas sebagai Jurnalis maupun tantangan yang datang dari psikis jurnalis itu sendiri. Wartawan atau jurnalis adalah seorang yang melakukan jurnalisme, yaitu orang yang secara teratur menuliskan berita (berupa laporan) dan tulisannya dikirimkan/ dimuat di media massa secara teratur. Laporan ini lalu dapat dipublikasi dalam media massa, seperti koran, televisi, radio, majalah, film dokumentasi, dan internet. Wartawan mencari sumber mereka untuk ditulis dalam laporannya; dan mereka diharapkan untuk menulis laporan yang paling objektif dan tidak memiliki pandangan dari sudut tertentu untuk melayani masyarakat.
            Sebagai seorang wartawan, dituntut sebuah keseimbangan dalam menyajikan berita yang memiliki nilai tersendiri di hati pembaca. Dan inti dari sebuah berita itu adalah sebagai lumbung informasi yang secara tidak langsung mampu mengangkat marwah masyarakat dengan membaca segala informasi yang disajaikan oleh seorang wartawan atau jurnalis.Menyadari perannya sebagai pilar ke empat dalam pembangunan negeri ini, profesi seorang wartawan/jurnalis harus memiliki nilai tersendiri di hati para pembacanya. Dewasa ini kita telah banyak disajikan dengan berbagai media, baik itu cetak maupun elektronik, dan secara tak sadar berkat kemajuan zaman yang begitu pesat dalam dunia informasi, media Online sekarang sudah merambah dunia pertelekomunikasian indonesia.
            Namun apa yang disayangkan adalah, wartawan/jurnalis dalam mengemban tugasnya sering kali mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan, Mulai dari hardikan hingga sampai dalam bentuk pengancaman yang membuat sang Wartawan merasa takut untuk mengungkapkan sebuah fakta itu. Menurut  Ketua Persatuan Wartawan Pinggir yaitu Abdullah mengatakan, "tugas wartawan itu menyajikan berita dengan fakta, dan terkadang untuk mendapatkan fakta itu kita terkadang harus berhadapan dengan tantangan yang sama sekali tak kita duga" jelas beliau. Namun tugas wartawan/jurnalis selalu saja mendapat kecaman yang negatif dari beberapa oknum Pemerintah yang terkadang berita kinerja dirinya dimuat di media.
            Wartawan/jurnalis merupakan orang-orang yang memiliki intelktualitas yang sangat cerdas, dan hal ini telah dibuktikan, pada saat indonesia meraih kemerdekaan. Peran wartawan/jurnalis sangat diperhatikan pada saat itu untuk ikut menyampaikan berita kemerdekaan melalui tulisan mereka di media cetak maupun iklan disaat itu. Namun apa yang kita lihat hari ini adalah, profesi wartawan terkadang selalu dilecehkan oleh oknum tertentu atau bahkan oleh oknum wartawan itu sendiri.Wartawan/jurnalis adalah dunia yang penuh dengan warna dan tantangan.(*017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar