Rabu, 16 Oktober 2013

PORBBI Kec.Pinggir Butuh Bantuan Pemerintah

Pinggir-Bengkalis
Suara Rakyat Riau



Keberadaan olah raga berburu dalam beberapa tahun ini ternyata cukup banyak diminati oleh masyarakat, Terutama masyarakat diwilayah Kecamatan Pinggir. Yang mana kegiatan berburu babi ini termasuk dalam kegiatan olah raga dan juga sebagai wadah berkumpulnya para komonitas pemburu hewan perusak tanaman ini (babi). Untuk itulah sebuah organisasi yang bernama Persatuan Olah Raga Buru Babi Indonesia (PORBBI) didirikan. Hal ini terjadi karena untuk menyatukan komonitas tersebut dalam satu ikatan yang jelas, Dan memiliki Badan Hukum yang tegas. Keberadaan PORBBI sendiri diKecamatan Pinggir ini sepertinya berjalan dengan baik. Mekanisme perburuan dilakukan selama dua kali dalam satu minggu. PORBBI sendiri di Kecamatan Pinggir berdiri secara resmi dan diakui oleh Badan Hukum sejak tahun 2011, dan inilah langkah awal mereka dalam kebulatan tekad bersama.

Namun dalam perjalanannya, komunitas pemburu babi ini tak pernah mendapat bantuan dari Pemerintah apalagi dari Badan Swasta. Sebagai hobi dan juga olah raga yang dikategorikan menantang ini telah berulang kali mengajukan proposal ke Pemerintah, namun realisasinya tak kunjung nampak. Hal ini diakui oleh Ketua Pengurus PORBBI sendiri yaitu Zel Efendi, "sejak tahun 2011 hingga kini kita belum mendapat bantuan dari Pemerintah, dan proposal yang kami ajukan sudah banyak dan bahkan berulang kali, namun tak ada kunjung dapat." jelas Zel Efendi pada Wartawan Suara Rakyat Riau baru-baru ini. Adapun tujuan mereka mengajukan proposal adalah untuk memohon keperluan berburu serta bantuan dana untuk operasional mereka secara berkala.
 
PORBBI Kecamatan Pinggir saat ini memiliki kurang lebih 200 anggota yang berdomisili di wilayah Kecamatan Pinggir. Namun dalam beberapa minggu ini, ada juga para pemburu dari luar daerah Kecamatan yang ikut bergabung. Seperti pemburu dari Kecamatan Mandau, dan saat wartawan Suara Rakyat Riau meliput, tim pemburu dari Kandis Kabupaten Siak ikut bergabung, dan mereka merasa senang karena diterima baik oleh PORBBI dari Kecamatan Pinggir."ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami dengan kedatangan mereka bergabung pada hari ini" ucap Zel.

Sebagai olah raga yang sangat menantang,kegiatan PORBBI juga turut serta membantu para petani dalam membasmi hama babi yang selama ini cukup meresahkan masyarakat, Pak Mardi salah satu pemburu mengatakan,"saya sebagai petani tentunya sangat terbantu dengan adanya kegiatan buru babi ini, paling tidak membantu mengusir hama babi yang merusak tanaman kami ini" jelas beliau. Menurut Sekretaris PORBBI Kecamatan Pinggir, yaitu Yopi mengatakan,"kita senantiasa melakukan kegiatan ini, dan kita juga memupuk rasa tali persaudaran sesama anggota.dan untuk itu juga kita secara bersama menggalang dana dalam berburu ini."jelas Yopi.

Ketua pengurus PORBBI pun mengakui kalau bantuan dari Pemerintah sangatlah mereka harapkan,"kegiatan kita ini disamping sebagai hobi, kita juga ikut menjaga  kelestarian alam, namun begitu hendaknya kita juga diberi perhatian oleh Pemerintah yaitu dalam bentuk bantuan dana buat kegiatan ini."harap Zel efendi mengakhiri.(*017))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar