Kamis, 29 Mei 2014

BUDAYAKAN KONSUMSI IKAN PADA SELURUH MASYARAKAT



KAMPAR - SRR
Bangkinang Kota - Forum peningkatan konsumsi ikan nasional (Forikan) Kabupaten Kampar bersama  Tim Penggerak Pemberdayaan Keterampilan Keluarga (TP PKK) gelar acara lomba masak Nasional ke 12 tingkat kabupaten Kampar dengan bahan baku ikan patin. 
  Kabupaten Kampar dilihat kebelakang terkenal sebagai penghasil ikannya seperti di daerah XIII Koto Kampar yang sudah terkenal sebagai Kecamatan Penghasil Ikannya, Hal ini perlu kita angkat dan kembangkan lagi agar ke depan tidak saja di kenal sebagai penghasil ikan tetapi juga sebagai penghasil olahan dari bahan baku ikan patin.
   Hal ini disampaikan ketua TP PKK Kabupaten Kampar Hj.Eva Yuliana ketika memberi arahan di hadapan peserta lomba memasak berbahan baku ikan Patin yang diikuti oleh seluruh ibu-ibu  PKK perwakilan se Kecamatan Kampar sebanyak 21 kelompok dan digelar di aula Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Kampar, Senin (26/5).
   Melalui kegiatan lomba memasak berbahan baku ikan patin, diharapkan ke depan mampu mengangkat ekonomi pembudidaya ikan di Kabupaten Kampar, kemudian dari perspektif kesehatan ikan merupakan salah satu sumber protein bagi tubuh sehingga dapat memancing daya tarik masyarakat menyukai atau mengkonsumsi ikan ditambah pentingnya nilai gizi yang terkandung pada ikan ditambah sisi positif lain yaitu dari nilai ekonomisnya lebih murah dibanding sumber makanan lain,kata Eva. 
   Ditambahkan Eva Yulina melalui kegiatan lomba memasak ikan patin dirinya berharap selain mampu membudayakan kebiasaan mengkonsumsi ikan juga dapat mensosialisasikan pola konsumsi sehari-hari berbahan dasar ikan kepada seluruh masyarakat di lingkungan tempat tinggal kita,harap Eva. 
   Untuk dapat menjadikan ikan sebagai menu sehari-hari tentunya di butuhkan kreatifitas agar ikan yang di konsumsi kalau dilihat dari sisi gizinya memenuhi standar kecukupan gizi dan higienis, dilihat dari rasa tentu dalam olahan ikan menjadi menu makanan yang enak disantap. 
Melalui kegiatan lomba berbahan dasar ikan patin kiranya dapat dijadikan wahan pembelajaran mengasah kemampuan memasak, mengolah cita rasa ikan menjadi lebih baik dan kepada pemenang lomba nanti akan dilanjut ke tingkat Propinsi bagi kelompok yang menjuarai lomba untuk mewakili Kabupaten Kampar ke tingkta propinsi. 
   Kepada dewan juri Eva juga mengharapkan dalam memberi nilai secara objektif karena siapapun yang juara nanti akan mewakili Kampar ke tingkat Propinsi dan dapat menjadi harapan untuk jadi juara karena memang memiliki potensi dan kemampuan.
Bagi juara nantinya ke depan eva mengatakan melalui Kadis Perikanan agar diberi pelatihan khusus dan dipersiapkan lebih matang lagi di Hotel Tiga Dara agar benar-benar siap mengikuti lomba ke tingkat Propinsi. 
   Tak hanya soal lomba jadi perhatian Eva termasuk kelengkapan pakaian peserta diantaranya soal celemek atau alas pakaian ibu-ibu pesereta lomba agar tampil lebih menarik dapat diberi motif ikan, soal kelengkapan alat memasak dan peralatan yang di bawah sewaktu ikut lomba.
  Kepada Ibu - ibu Camat, Eva Yuliana menginstruksikan untuk membentuk Forikan tingkat Kecamatan secepatnya dan pada usai lebaran mendatang akan kita lantik bersama, ujarnya. (Humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar