MANDAU- SRR
(*058)
PDAM(Perusahaan Air Minum) yang berlokasi di
daerah Duri sebagi pemasok air baku kemasyarakat, sangatlah bagus kinerjanya. Meskipun
banyak keluhan-keluhan dari masyarakat Duri yang mengeluh tidak dapat Air bersih.
Segala upaya sudah dilakukan untuk meningkatkan mutu air bersih untuk
masyarakat Duri. PDAM juga bekerjasama dengan pihak PT.CPI (Chevron Pasific
Indonesia) dalam pengelolaaan air aku yang siap di konsumsi masyarakat Mandau.
Sejak tahun 2009 Mandau mulai kekurangan air baku. Ini
disebabkan karena perubahan cuaca dan iklim yaitu musim kemarau. Stok air baku
mulai berkurang untuk wilayah Duri sekitarnya dan berimbas kepada pelanggan.
Biasanya dapat 24 jam sewaktu musim penghujan, sekarang dengan adanya perubahan
iklim maka di wajibkan bergilir pemakaian air. Agar air masuk dapat merata
dalam kondisi tertentu dalam hal musim kemarau.
Pelanggan
PDAM lebih kurang ada 8500. Pada saat musim kemarau meningkat 25%, disitu debit
air mulai berkurang. Titik By Pass air ada di sungai Jurong jembatan II. Rencana
pembuatan waduk untuk pipa air besar ada di Dinas PU (Pekerjaan Umum). Ada 16 kilo
meter penanaman pipa air bersih untuk tahun ini diharapkan bisa selesai dengan
baik. PDAM Duri merupakan sebagai pemakai dan pengelola air
bersih untuk dapat mendistribusikan air bersih kemasyarakat Mandau. Sumber dana
yang diperoleh oleh PDAM Duri melalui APBD Kabupaten Bengkalis. Anggaran
belanja PDAM Duri di usulkan pada
anggaran tahun lalu. Karyawan PDAM terdiri
dari 5 (Lima) orang Tenaga Honor dan 22 Pegawai Swasta Tetap, jadi berjumlah 27
orang karyawan di PDAM.
Tekad PDAM Duri yaitu bagaimana mengelola
air gambut, atau air rawa menjadi air bersih/baku yang tidak berbau dan jernih
dan siap dikonsumsi oleh masyarakat Mandau. PDAM Duri mempunyai strategi tersendiri dalam hal
penanganan air bersih. Penangananya haruslah spesipik, supaya air tersebut
benar-benar layak untuk di konsumsi. Dalam wacana kedepannya PDAM akan
mempunyai Reset power tanki yang berlokasi dekat SMPN 4 Mandau. Dalam hal permasalahan
air bersih, misalnya pipa bocor, pipa tersumbat, air tidak jalan. Maka
masyarakat dapat menghubungi Call Center PDAM Duri. Call enter PDAM akan memberi pengajaran tentang
bagaimana penghematan air dan akan menyelesaikan suatu permasalahan bila ada
keluhan masyarakat Mandau.
Menurut
pantauan Wartawan Media Suara Rakyat Riau, PDAM dalam kinerjanya sehari-hari
sangatlah baik,bagus dan lancar, disiplin dalam hal penanganan air bersih. Bila
ada keluhan masyarakat tentang air bersih maka segeralah melapor ke Call Center
PDAM. Jangan melapor melalui Calo, ini akan berakibat fatal bagi diri sendiri,
maupun orang lain. Sebaiknya melapor dulu ke Call Center PDAM Duri. PDAM akan
meningkatkan mutu kinerjanya, bila ada saran dan kritikan yang membangun dari
masyarakat Duri.Bilamana Mandau kekurangan air baku atau air bersih maka harap
maklum, karena ada perubahan cuaca. Yaitu musim kemarau. Wajar saja Mandau
kekurangan air baku. Ini disebabkan oleh musim kemarau.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar