Jumat, 09 Mei 2014

MANDAU KEKURANGAN AIR BAKU



MANDAU- SRR
(*058)

     PDAM(Perusahaan Air Minum) yang berlokasi di daerah Duri sebagi pemasok air baku kemasyarakat, sangatlah bagus kinerjanya. Meskipun banyak keluhan-keluhan dari masyarakat Duri yang mengeluh tidak dapat Air bersih. Segala upaya sudah dilakukan untuk meningkatkan mutu air bersih untuk masyarakat Duri. PDAM juga bekerjasama dengan pihak PT.CPI (Chevron Pasific Indonesia) dalam pengelolaaan air aku yang siap di konsumsi masyarakat Mandau.
Sejak tahun 2009 Mandau mulai kekurangan air baku. Ini disebabkan karena perubahan cuaca dan iklim yaitu musim kemarau. Stok air baku mulai berkurang untuk wilayah Duri sekitarnya dan berimbas kepada pelanggan. Biasanya dapat 24 jam sewaktu musim penghujan, sekarang dengan adanya perubahan iklim maka di wajibkan bergilir pemakaian air. Agar air masuk dapat merata dalam kondisi tertentu dalam hal musim kemarau.
     Pelanggan PDAM lebih kurang ada 8500. Pada saat musim kemarau meningkat 25%, disitu debit air mulai berkurang. Titik By Pass air ada di sungai Jurong jembatan II. Rencana pembuatan waduk untuk pipa air besar ada di Dinas PU (Pekerjaan Umum). Ada 16 kilo meter penanaman pipa air bersih untuk tahun ini diharapkan bisa selesai dengan baik. PDAM  Duri  merupakan sebagai pemakai dan pengelola air bersih untuk dapat mendistribusikan air bersih kemasyarakat Mandau. Sumber dana yang diperoleh oleh PDAM Duri melalui APBD Kabupaten Bengkalis. Anggaran belanja PDAM Duri  di usulkan pada anggaran tahun lalu. Karyawan  PDAM terdiri dari 5 (Lima) orang Tenaga Honor dan 22 Pegawai Swasta Tetap, jadi berjumlah 27 orang karyawan di PDAM.
     Tekad PDAM Duri yaitu bagaimana mengelola air gambut, atau air rawa menjadi air bersih/baku yang tidak berbau dan jernih dan siap dikonsumsi oleh masyarakat Mandau. PDAM  Duri mempunyai strategi tersendiri dalam hal penanganan air bersih. Penangananya haruslah spesipik, supaya air tersebut benar-benar layak untuk di konsumsi. Dalam wacana kedepannya PDAM akan mempunyai Reset power tanki yang berlokasi dekat SMPN 4 Mandau. Dalam hal permasalahan air bersih, misalnya pipa bocor, pipa tersumbat, air tidak jalan. Maka masyarakat dapat menghubungi Call Center PDAM Duri. Call enter  PDAM akan memberi pengajaran tentang bagaimana penghematan air dan akan menyelesaikan suatu permasalahan bila ada keluhan masyarakat Mandau.
     Menurut pantauan Wartawan Media Suara Rakyat Riau, PDAM dalam kinerjanya sehari-hari sangatlah baik,bagus dan lancar, disiplin dalam hal penanganan air bersih. Bila ada keluhan masyarakat tentang air bersih maka segeralah melapor ke Call Center PDAM. Jangan melapor melalui Calo, ini akan berakibat fatal bagi diri sendiri, maupun orang lain. Sebaiknya melapor dulu ke Call Center PDAM Duri. PDAM akan meningkatkan mutu kinerjanya, bila ada saran dan kritikan yang membangun dari masyarakat Duri.Bilamana Mandau kekurangan air baku atau air bersih maka harap maklum, karena ada perubahan cuaca. Yaitu musim kemarau. Wajar saja Mandau kekurangan air baku. Ini disebabkan oleh musim kemarau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar