Jumat, 14 Maret 2014

KUDA TULI PENANGANAN KABUT ASAP MANDAU..



MANDAU-SRR

(*058) 
    Di era jaman  keterbukan dan arus informasi yang serba cepat,tajam,actual sangat diperlukan suatu kecermatan serta ketelitian.Bila dilihat dari pengamatan sehari-hari,bahwa kabut asap didaerah Mandau sudah diambang batas normal.ini di tandai dengan bendera merah..banyak yang mengeluh tentang kabut asap ini.baik dari masyarakat itu sendiri, maupun dari pihak karyawan yang bekerja di bisnis partner cpi. Banyak keluhan masyarakat tentang asap yang tak kunjung padam.apa sebab musabab terjadinya kabut asap belum bisa terjawab sampai saat ini.
  Ada yang mengatakan  bahwa kabut asap terjadi,akibat pembalakan hutan dan pembakaran hutan serampangan.Ada pula desas-desus bahwa kabut asap terjadi karena pemerintah setempat tidak open dengan lingkungan.oleh karena pemerintah setempat memberi angin segar pada para pengusaha untuk mebuka lahan seluas-luasnya.tanpa memperdulikan dampak lingkungan dikemudian hari.
  Bila di telusuri secara mendalam, bahwa kabut asap di Mandau sudah sangat mengganggu segala aktivitas sehari-hari.penanganankabut asap di Mandau nampaknya setengah hati.dengan kata lain, harus menunggu petunjuk dari pemerintah pusat dan ujung-ujungnya duit juga.kabut asap di Mandau seperti kuda tuli.acuh tak acuh dalam penanganannya. Sudah ada korban jiwa karena kabut asap.pemerintah setempat angkat tangan masalah kabut asap ini. Sudah bisa ditebak: pasti ada deal-deal untung ruginya. Mana mau pemerintah setempat mau rugi.
Kabut asap ini merupakan suatu keteledoran masyarakat juga.karena masyarakat tidak ada arahan dari pemerintah dalam menanganani kabut asap dan pembakaran lahan.tidak adanya pelatihan khusus menanganani masalah asap pada masyarakat.masyarakat Mandau mengharapkan pemerintah setempat harus tegas dalam menanganani kabut asap yang merajalela.bila ada pembakaran hutan secara serampangan harus diberi sanksi tegas.supaya jangan terulang kembali kejadian yang sama.       
   Asap..oh asap.kapan engkau berhenti.Tangkap para perusak hutan.jangan biarkan hutan riau gundul dan rusak.
Penanganan kabut asap harus ditangani seserius mungkin tanpa pandang bulu.penangananya bisa melalui hujan buatan.bisa juga memberi sanksi pada orang yang merusak hutan. Pemerintah harus mengawasi gerak gerik pengusaha yang mencoba mengalihkan fungsi hutan.Dan memperketat peraturan tentang kehutanan.serta memberi sanksi yang tegas.jangan seperti kuda tuli dalam penanganan kabut asap.masyarakat Mandau sangat peduli tentang lingkungan hidup. Mari kita bersama-sama peduli tentang lingkungan hidup, dengan melestarikan hutan.dengan cara menanam pohon, menjaga keseimbangan hutan dilingkungan masing-masing.dan jangan membakar hutan, lahan,membuang puntung rokok sembarangan.apalagi sekarang musim kemarau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar