Selasa, 25 Maret 2014

Penobatan Datuak Paduko Simarajo



  Keluarga besar dari persukuan piliang Kenegarian Kuok Kecamatan Kuok kemaren Ahad (23/3) menggelar acara penobatan H. Yunizar, S.Pd sebagai Datuak Paduko Simarajo payung panji adat munip piliang nan tujuo yang acaranya dipusatkan di kompleks rumah soko piliang di Dusun Sopang Desa Lereng Kecamatan Kuok. Acara penobatan ditandai dengan penyembelihan seekor kerbau pada Sabtu (22/3) dan pada Ahad (23/3) dilanjutkan dengan acara inti penobatan yakni prosesi acara pelantikan sekaligus pengambilan sumpah jabatan sebagai seorang ninik mamak oleh pucuk adat Kenegarian Kuok, Yurnalis Datuk Penghulu Besar dan acaranya dipandu secara langsung oleh sekretaris Lembaga Kerapatan Adat Negeri Kuok, Drs. Zamri Acara penobatan tersebut dihadiri oleh seluruh ninik mamak Kenegeian Kuok atau tepatnya dihadiri oleh ninik mamak nan XX Kenegarian Kuok plus anak kemanakan dan ughang sumondo dari persukuan piliang se-Kenegarian Kuok dan ratusan undangan lainnya. Demikian diungkapkan ketua panitia pelaksana acara penobatan Datuak Paduko Simarajo Pasukuan Piliang Kenegarian Kuok, H. Muhammad Kasyru Syam  ketika ditemui di lokasi acara penobatan ninik mamak di Desa Lerang Kecamatan Kuok pada Ahad (23/3) Ditambahkan H. Muhammad Kasyru Syam  bahwa acara penobatan Datuak Paduko Simarajo digelar anak kemenakan persukuan piliang karena Datuak Paduko Simajo sebelumnya yakni Arifin Datuak Paduko Simarajo  telah meninggal dunia dan justru karenanya atas kesepakatan anak kemenakan persukuan pilang maka dinobatkanlah H Yunizar Syukur S.Pd sebagai Datuak Paduko Simarajo yang baru. Sejalan dengan acara penobatan Datuak Paduko Simarajo juga telah ditunjuk secara resmi bundo kanduang persukuan piliang yang bernama Erma Suryanti. Papar H. Muhammad Kasyru Syam.

  Pada kesempatan yang sama H. Yunizar, S.Pd Datuak Paduko Simarajo ketika ditemui usai acara penobatan mengungkapkan bahwa dirinya sangat berharap agar perangkat adat pesukuan piliang dan seluruh anak kemenakan agar senantiasa melestarikan persatuan dan kesatuan dan senantiasa melakukan kegiatan musyawarah mufakat untuk kebaikan dan kemaslahatan bersama. Ninik mamak sangat memerlukan dukungan anak kemanakan, papar H. Yunizar Datuak Paduko Simarajo yang saat ini juga berprofesi sebagai salah seorang majelis guru di SMPN 3 Bangkinang dan saat ini berdomisili di Jalan Prof. M.Yamin No.128 B Bangkinang. Datuak Paduko Simarajo dalam ninik mamak nan XX Kenegarian Kuok menempati posisi sebagai yang memegang kunci adat dalam negeri. Justru karenanya jabatan sebagai seorang ninik mamak merupakan jabatan amanah yang sangat memerlukan dukungan dari anak kemanakan, ujar suami dari Nurbungsu S.Pdi dan ayah dari Peni Angga Agustin,  M. Aldi Prawadi dan Ririfi Mardatillah menambahkan.

   Camat Kuok, pada saat memberikan sambutan pada acara tersebut mengharapkan agar seluruh pihak terutama perangkat adat di Kenegarian Kuok hendaknya dapat menjalankan adat yang bersandi syarak, syarak yang bersendi kitabullah dengan tujuan anak kemenakan dapat terpelihara dan masyarakat dapat hidup rukun dan damai. Ninik mamak dalam tatanan kehidupan masyarakat di negeri yang beradat memang telah mendapat kepercayaan dari anak kemanakan yang didahulukan selangkah dan ditinggikan seranting. Justru karenanya harus dapat menjaga kepercayaan tersebut dan senatiasa menjadi suri tauladan dan contoh bagi masyarakat, ujar H.Thabrani. Hadir pada acara penobatan Datuk Padukuo Simarajo tersebut diantaranya Camat Kuak, H. Tahabrani, S.Sos, Kapolsek Kuok, Kepala Desa se-Kecamatan Kuok, tokoh masyarakat Kuok, anak kemenakan dari persukuan piliang dan sekitar 1.000 orang warga Desa Merangin lama dan undangan lainnya. (Humas Setda Kampar).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar