Kamis, 07 November 2013

PEDAGANG YANG KENA MUSIBAH KEBAKARAN DI MANDAU,TERIMA BANTUAN DARI BUPATI BENGKALIS

MANDAU-SRR
(*006)
IMG_20131104_114306.jpg           Sebanyak 22 pedagang Pasar Dewi Sartika Duri mendapat bantuan dari Bupati Bengkalis,Bapak H.Herliyan Saleh terkait musibah kebakaran Minggu malam(27/10),musibah tersebut menjadi perhatian Pemkab Bengkalis dan untuk meringankan beban yang kena musibah,Pemkab Bengkalis memberikan bantuan Tanggap darurat dari Bantuan kepala pelaksana Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran ( BNPD dan Damkar) Daerah Kabupaten Bengkalis bertempat di Kantor Lurah Duri Barat, Jalan Pertanian, Senin (4/11).

Bantuan tanggap darurat itu serahkan langsung oleh Bupati Bengkalis Herliyan Saleh yang di dampingi Kadis Kesejahteraan dan Sosial, Darmawi, ketua Pelaksana BNPD dan Damkar kabupaten Bengkalis Muchammad Jalal.

               Dalam kata sambutannya Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh meminta masyarakat Mandau untuk meningkatkan kewaspadaan ada bencana, terutama bencana kebakaran. Kios yang terbakar di pasar Sartika berada didaerah  padat dan banyaknya benda yang mudah terbakar.

Biasanya penyebab dari kebakaran kebanyakan dari arus pendek yang disebabkan kabel listrik yang dipakai sudah tidak layak pakai lagi karena sudah di pakai puluhan tahun. Penyebab lain dari kebakaran bisa dari ledakan kompor, Lilin dan sebagainya. " Oleh karena itu pastikan rumah dalam keadan aman dan selamat", Himbau Bupati.

Sementara Muchammad Jalal mengatakan setiap bencana di Kabupaten Bengkalis, BNPD akan melakukan tindakan pertolongan Cegah sebelum bencana dan tindakan Paska bencana dengan memberikan bantuan tanggap. Untuk bencana kebakaran di pasar Sartika Duri, BNPB Kabupaten Bengkalis melakukan bantuan tanggap darurat kepada 7 pedagang pemilik warung yang semi permanen dan 15 kios pedagang kaki lima mengalami musibah kebakaran beserta barang dagangannya.

         Jalal juga menjelaskan bantuan yang diberikan dari Kementrian Sosial berupa berupa kebutuhan sandang dalam bentuk Famili kit. Sementara Pemda Bengkalis memberi bantuan paket sembako berupa jaminan hidup selama seminggu. Jelasnya.

Jalal pada kesempatan itu, memberi tahukan Nomor Call Centre untuk bantuan bencana di wilayah Duri dengan nomor 5595113  dan wilayah Bengkalis dengan nomor 076623113.

Nefi (31) Salah seorang pedagang Buah-buahan, kios tempatnya berdagang ikut terbakar,  juga mendapat bantuan , kepada SRR mengatakan, cukup atau tidak cukup, namanya bantuan, Ya kita terima" katanya sambil berharap agar bekas Kiosnya terbangun kembali, dan Nefi bisa berdagang kembali. (Zis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar