Jumat, 31 Januari 2014

"SEMARAK PASAR MALAM "HIBUR WARGA BERINGIN JAYA DI KABUPATEN KUANSING

  • KURANG HIBURAN MASYARAKAT ANTUSIAS SAMBUT KEHADIRAN "PASAR MALAM"
  • BIAYA MURAH, PASAR MALAM MERIAH "ANDALAN MASYARAKAT MELEPAS LELAH" 
KUANSING, BERINGIN JAYA-SRR
(*049)
Jumat, 31 januari 2014

    “Pasar Malam” merupakan salah satu hiburan masyarakat golongan menengah kebawah. Secara umum hiburan rakyat ini menargetkan pengunjung anak–anak karena wahana yang ditawarkan lebih banyak untuk anak–anak, seperti komedi putar, kincir angin, angsa–angsa, kereta api mini dan lain sebagainya. Tapi ada juga wahana yang bisa dimainkan remaja dan orang dewasa seperti lempar gelang,  permainan lempar bola dan stand–stand yang menjual berbagai jenis pakaian.  Umumnya pengelolah pasar malam ini hidup nomaden (berpindah-pindah) dari satu daerah ke daerah lain dan menetap disatu daerah tempat mereka menggelar hiburan kurang lebih satu bulan lamanya.
    Seperti halnya dengan rombongan Pasar Malam yang berasal dari Jombang Jawa Timur ini. Mereka sudah berkeliling hampir separuh dari tanah negeri ini. Dan kini saatnya mereka berkelana mencari rizki ditanah melayu Provinsi Riau tepatnya di Kelurahan Beringin  Jaya Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten  Kuansing. Pada saat itu Mulyo Widodo selaku ketua sekaligus pemilik Pasar Malam mengungkapkan“Kami berada disini dari tanggal 18 januari – 09 pebruari 2014 sesuai dengan Surat Izin Keramaian (SIK) yang dikeluarkan Polsek Kec.Benai, setelah ini kami akan menggelar pasar malam kembali di Marsawah Kec.Sentajo Raya” ungkapnya. Untuk lebih lanjut Mulyo Widodo mengucapkan terima kasih kepada warga sekitar, dan pihak–pihak terkait yang membantu dan telah menyambut baik kehadiran mereka.
    Menurut Fika (23), salah satu pengunjung Pasar Malam sekaligus remaja juga Guru di salah satu SMK di Kuansing Kelurahan Beringin Jaya mengatakan"masyarakat yang berada di daerah yang jauh dari pusat Kota sudah tentu kurang mendapatkan hiburan walau untuk sekedar pelepas kejenuhan dengan pekerjaan dan aktifitas sehari–hari, dan keberadaan Pasar Malam saat ini sudah pasti disambut antusias warga masyarakat, meskipun saat ini ekonomi masyarakat saat ini sedang sangat menurun karena pengaruh cuaca dimana warga disini mayoritas berkebun karet, tetapi itu semua tidak mengurangi niat warga untuk menyerbu Pasar Malam ini"ungkapnya. Lebih jauh Fika menambahkan"keberadaan Pasar Malam ini secara tidak langsung sebagai media orang tua untuk memperkenalkan anak–anaknya dengan berbagai hiburan dan permainan dan juga dilokasi pasar malam ini tidak ada strata sosial yang menyekat antara si kaya dan si miskin maupun penguasa dan rakyat jelata, semuanya bersuka ria dalam satu wadah"ungkap Fika berapi–api(bersemangat).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar