Senin, 20 Januari 2014

STIMULASI ANAK USIA DINI BISA MERANGSANG KECERDASAN MULTIPLE



 MANDAU-SRR
(*024)

    Sebagai mana yang kita ketahui bahwa sel-sel otak janin di bentuk sejak 3-4 bulan dalam kandungan ibu,setelah lahir sampai umur 3-4 tahun jumlahnya bertambah dengan cepat mencapai milyaran sel,tetapi belum ada hubungan antara sel-sel tersebut,mulai kehamilan 6 bulan,di bentuklah hubungan antara sel,sehingga membentuk rangkaian fungsi-fungsi.kualitas dan kompleksitas rangkaian hubungan antara sel-sel otak di tentukan oleh stimulasi (rangsangan) yang dilakukan oleh lingkungan kepada bayi-balita tersebut.
Semakin bervariasi rangsangan yang diterima bayi-balita maka semakin komplek hubungan antar sel sel otak.semakin sering dan teratur ransangan yang di terima,maka semakin kuat hubungan sel-sel otak tersebut.Semakin komplek hubungan antara sel sel otak,maka semakin tinggi dan berfariasi kecerdasan anak di kemudian hari,bila di kembangkan terus menerus,sehingga anak akan mempunyai banyak variasi kecerdasan (multiple interlegensia) bagaimana cara merangsang kecerdasan multiple :

  1. Untuk merangsang kecerdasan Bahasa verbal,ajaklah bercakap cakap,bacakan cerita berulang ulang,rangsangan untuk berbicara dan bercerita,menyanyikan lagu anak-anak dan lain-lain.
  2. Latihan kecerdasan logika-matematika dengan mengelompokkan ,menyusun,merangkai,menghitung mainan,bermain dengan angka,halma,congkak,sempoa,catur,kartu,teka teki,puzzle,monopoli,permainan komputer dan lain-lain.
  3. Kembangkan kecerdasan visual spesial dengan mengamati gambar foto,merangkai dan membongkar lego,menggunting,melipat,menggambar halma,puzzle,ruma-rumahan,permainan komputer dan lain lain.
  4. Kembangkan kecerdasan gerak tubuh dengan berdiri satu kaki,jongkok,membungkuk berjalan di atas satu garis,berlari melompat,melempar,menangkap,latihan senam,menari,olah raga permainan dan lain lain.
  5. Merangsang kecerdasan musikal dengan mendengarkan musik,bernyanyi,memainkan alat musik,mengikuti irama dan nada. 
  6. Merangsang kecerdasan emosi interpersonal dengan menceritakan perasaan,keinginan,cita-cita,pengalaman,berkhayal,mengarang cerita dan lain-lain.
  7. Merangsang kecerdasan naturalis dengan menanam biji hingga tumbuh.memelihara tanaman  dalam pot,memelihara binatang,berkebun,wisata di hutan,gunung,sungai,pantai,mengamati langit,awan ,bulan,bintang dan lain-lain.Bila anak mempunyai potensi bawaan berbagi kecerdasan dan di rangsang terus menerus sejak kecil dengan cara yang menyenangkan dan jenis yang bervariasi maka anak kita akan mempunyai kecerdasan yang multiple.
                      keperpustakaan:
                                    ceramah Dr.Sudjmatmiko,Spa ( k ),Msi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar