Senin, 07 Juli 2014

Wabup Rohul Tampung Aspirasi Warga Dua Kecamatan

PASIRPANGARAIAN - Melalui rangkaian Safari Ramadhan tahun ini, Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) Ir. H. Hafith Syukri MM mengatakan siap menampung aspirasi warga. Aspirasi juga disampaikan warga di Kecamatan Kabun dan Pendalian IV Koto, saat kunjungannya di dua daerah itu.

Setelah menggelar Safari Ramadhan di Masjid Raya Zainal Abidin Syah Rantau Kasai Kecamatan Tambusai Utara, tim Safari Ramadhan dari Pemkab Rohul dipimpin Wabup Hafith melanjutkan rangkaian kegiatan serupa di Masjid Besar Al-Fajar Desa Kabun Kecamatan Kabun, Jumat (4/7/14) malam, serta Safari Ramadhan di Masjid Besar Tawakal Desa Pendalian Kecamatan Pendalian IV Koto, Sabtu (5/7/14) malam.

Saat Safari Ramadhan di dua kecamatan itu, baik perwakilan tokoh masyarakat Kabun dan Pendalian IV Koto juga mengeluhkan masalah infrastruktur dasar di daerah mereka yang masih membutuhkan perhatian pemerintah. Salah satunya yakni masalah infrastruktur jalan dan jembatan.

Menanggapi keluhan warga di dua kecamatan itu, Wabup Hafith mengatakan dalam kunjungan Safari Ramadhan itu, Pemkab Rohul sengaja membawa serta kalangan kepala satuan kerja perangkat daerah atau SKPD di lingkungan kerjanya, sehingga apa yang menjadi aspirasi warga dapat ditindaklanjuti.

Wabup Hafith mengakui sengajak mengajak kepala SKPD juga bertujuan untuk mengenalkan lebih dekat kepada masyarakat agar terjadi interaksi antara warga dengan pemerintah daerah.

"Selain menyambung silaturrahmi, Safari Ramadhan juga sebagai ajang sosialisasi seluruh program pro rakyat dilakukan pemerintah satu tahun terakhir," kata Wabup Hafith dan diakuinya Safari Ramadhan sudah menjadi agenda rutin tahunan Pemkab Rohul.

Selain sebagai silaturahmi, sambung Wabup, Safari Ramadhan sebagai upaya menjaring aspirasi warga di 16 kecamatan. Menurutnya, pemerintah harus mengetahui apa yang menjadi persoalan yang dihadapi rakyat. Menurutnya, semua aspirasi disampaikan masyarakat akan menjadi catatan dan segera ditindaklanjuti.

"Sebab itu lah kami ikut sertakan kepala dinas agar mereka mendengar langsung apa yang menjadi aspirasi masyarakat dan menjadi kebutuhan mendesak," jelasnya.

Wabup Rohul mengakui dari tiga jadwal Safari Ramadhan di kecamatan yakni Tambusai Utara, Kabun dan Pendalian IV Koto, aspirasi warga tidak terlepas dari masalah infrastruktur seperti infrastruktur Jalan, jembatan, listrik, sektor kesehatan, pendidikan dan masalah sosial serta ekonomi kemasyarakatan.

Meski demikian, kata Wabup, pemerintah daerah berupaya memenuhinya. Namun, karena keterbatasan dana APBD Rohul, maka lebih diutamakan yang menjadi skala prioritas dan menjadi kebutuhan dasar masyarakat yang mendesak. Menurutnya, pemenuhan infrastruktur dasar itu dilakukan bertahap, disesuaikan kemampuan keuangan daerah.

Saat kunjungan Safari Ramadhan Pemkab Rohul di tiga kecamatan, Wabup Rohul menyalurkan bantuan untuk kalangan anak yatim piatu, kaum dhuafa, bantuan dana untuk pembangunan dan Alqur'an untuk masjid serta menyalurkan zakat bersumber dari Badan Amil Zakat Rohul kepada mustahik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar