Jumat, 04 Juli 2014

Mendikbud: Jadikan Ramadan untuk Berlomba-lomba Lakukan Kebaikan

NASIONAL, Kemdikbud - Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah bagi kaum muslim yang menjalankannya. Hari dan malam di bulan Ramadan, lebih mulia dibandingkan dengan hari dan malam di bulan lain. Pada bulan Ramadan ini Allah SWT akan melipatgandakan pahala ibadah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyampaikan, seseorang yang melakukan kebaikan di bulan Ramadan maka akan dilipatgandakan pahalanya. “Jadikan (bulan) Ramadan untuk berlomba-lomba melaksanakan kebaikan,” katanya saat memberikan ceramah Ramadan di Masjid Baitut Tholibin Kemdikbud, Senin (30/6) siang.

Mendikbud menyampaikan, kebaikan dapat dilakukan mulai dari tanpa mengeluarkan biaya sampai dengan mengeluarkan biaya. Dia mencontohkan, kebaikan tanpa mengeluarkan biaya di antaranya dengan senyum, menyapa dengan sopan, dan menunjukkan jalan kepada orang yang tersesat di jalan. “Membantu guru mengurus kenaikan pangkat, inpassing, dan tunjangan profesi adalah bagian dari ibadah jika diniati karena Allah,” katanya.

Kemudian, sedekah tanpa biaya itu dapat dilengkapi dengan sedekah yang mengeluarkan biaya. “Sedekah yang tidak nampak dilengkapi dengan yang nampak yaitu sedekah harta kekayaan,” katanya.

Pada bulan suci ini Mendikbud mengajak untuk memberbanyak membaca Alquran. Menurut dia, membaca Alquran baik memahami maupun tidak memahami isinya sudah menjadi amal kebajikan. “Jadikan membaca Alquran sebagai kurikulum selama Ramadan,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar