Rabu, 02 Juli 2014

Pasar Ramadhan Kecamatan Siak Ramai di Kunjungi Masyarakat

SIAK - Sejak di buka oleh Camat Siak Wan Syaiful Efendi, pasar Ramadhan yang di gelar setiap tahunnya sangat ramai di kunjungi pembeli baik itu yang beragama Islam maupun yang non Muslim.

Camat Siak Wan Syaiful Efendi kepada wartawan mengatakan, bahwa pasar beduk yang di gelar oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Siak ini, khususnya yang dilakukan oleh Pemerintahan Kelurahan Kampung Dalam, sangat besar sekali manfaatnya bagi kepentingan masyarakat, pasalnya selain bisa mendatangkan inves atau ekonomi bagi para pedagang kecil, di sisi lain memudahkan masyarakat untuk membeli berbagai aneka menu makanan yang di siapkan untuk berbuka, jadi bagi masyarakat yang tidak sempat untuk membuat panganan untuk berbuka, di pasar beduk inilah tempatnya, menunya sudah tersedia dan tinggal pilih sesuai selera," Camat memaparkan.

Disampaikan Camat, pada pasar beduk yang disiapkan oleh pemerintahan Kelurahan Kampung Dalam ini, berbagai menu makanan yang siap saji tersedia di pasar beduk ini, oleh sebab itu bagi masyarakat yang repot atau tidak sempat membuat menu buka puasa di rumah, datang saja ke pasar beduk, cari menu yang cocok dengan selera dan berbelanjalah di sini.
 
Sementara itu Lurah Kampung Dalam Fuad Alsagaf menyebutkan, pelaksanaan pasar Ramadhan atau pasar beduk merupakan sebuah tradisi bagi umat Islam dalam menyambut dan memeriahkan datangnya bulan suci Ramadhan yang secara rutin di laksanakan setiap tahun. Tingginya minat dan partisipasi masyarakat dan pedagang kota Siak Sri Indrapura untuk tetap terus menjaga tradisi pasar Ramadhan ini, perlu di kelola dengan baik dan benar. Sehingga hasilnya benar-benar bermanfaat.
Inilah intinya serta Maksut kami bagaimana memudahkan masyarakat kota Siak Sri Indrapura dan sekitarnya untuk mendapatkan jajanan yang beraneka ragam untuk berbuka puasa.Kata Fuad, pelaksanaan pasar Ramadhan untuk tahun 1435 Hijriah ini, pengelolaannya dipercayakan kepada Pemerintahan Kelurahan Kampung Dalam. "Pelaksanaan pasar Ramadhan ini dibuka dan terhitung dari tanggal 28 Juni Ramadhan hingga sampai mendekati hari Raya Idul Fitri nanti. Semoga dengan pasar beduk ini memiliki nilai manfaat yang tinggi bagi kita," jelas Fuad.
Sementara itu, laporan Ketua panitia Sucipto yang juga menjabat Ketua RT 04 Kampung Dalam menyebutkan, pasar Ramadhan yang dibentuk oleh Pemerintahan Kelurahan Kampung Dalam ini, pihak pengelola melakukan pungutan uang pendaftaran Rp. 50.000 dan pungutan uang tersebut, hanya dipinta satu kali selama pasar Ramadhan berlangsung. Untuk para pedagang yang berjualan di pasar Ramadhan tahun 1435 Hijriah, menunya sangat bervariasi, mulai dari minuman dingin, kue-kue, pecal, makanan khas lainnya, nasi dan berbagai lauk pauk ada di pasar Ramadhan ini. Termasuk para pedagang yang berjualan dengan menggunakan gerobak atau sejenisnya.

"Kita berharap dengan pasar beduk ini nantinya para pedang bisa meraih keuntungan. Sehingga dengan keuntungan tersebut dapat digunakan lagi oleh pedagang sebagai modal dan persiapan menyambut hari raya 1 Syawal 1435 Hijriah," tandas Sucipto mengutarakan.

Pantauan dilapangan, pada hari pertama pelaksanaan pasar ramadhan berlangsung, cukup ramai sekali pembeli yang berbelanja, berbagai aneka makanan siap saji seperti, panggang ayam, ikan, rendang, sop daging, aneka sambal, pecal, berbagai gorengan, asam pedas, dan macam-macam minuman dingin laris manis terjual, selain harganya terjangkau, menu yang di sajikan sangat mengundang selera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar