Rabu, 02 Juli 2014

Bupati Cek Mesin Pembangkit 5 MW Yang Sedang Uji Coba

SIAK - Pemadaman listrik oleh PLN Rayon Siak Drs H Syamsuar MSi melakukan peninjauan dan melihat langsung operasional mesin pembangkit di kantor PLN, Senin (30/6) siang.
Syamsuar menanyakan sebab terjadi pemadaman bergilir dan juga pengoperasian mesin pembangkit. “Saya terus di sms warga, soal pemadaman ini. Apalaagi sudah memasuki bulan Ramadhan warga terganggu aktivitas ibadah,” tegas Syamsuar di sela-sela meninjau kantor  PLN Rayon Siak, ikut serta dalam kesempatan itu, Kadistamben Siak, Ir Amin Budyadi MM, Kabag Hukum Zulfikri.

Kedatangan Bupati disambut Manager PLN Rayon Siak, Andrian Napitupulu. Andrian menjelaskan sebab terjadinya pemadaman bergilir yang meresahkan warga .

“Kami paham dan mengetahui kondisi seperti ini, namun kami tak lepas tanggung jawab melainkan berusaha keras,” katanya.

Andrian menyebutkan saat ini terjadi krisis listrik, artinya jumlah daya yang ada tak sebanding dengan keperluan, akibatnya terjadi defisit” untuk siang saja mencapai 400 KVA sementara malam  mencapai 1-2 MW,” katanya.

Kondisi ini diperparah dengan kondisi mesin, mengalami kerusakan , tentunya mau tak mau harus melakukan perbaikan, dan ini memerlukan waktu sebutnya.

Meski kendala dan kerusakan itu terjadi, sebutnya namun pihaknya telah menyiapkan solusi konkret t erhadap devisit daya ini berupa penambahan 5 MW. Ini mesinnya sudah terpasang, katanya sambil menunjukan mesin tersebut.

Mesin pembangkit ini berjumlah 9 unit, semuanya sudah dipasang dan dilakukan uji coba” Alhamdulillah semuanya sudah masuk kedalam  sistem dan terkoneksi’’ katanya.

Hanya saja, sebut dia dari sembilan mesin tersebut baru tiga, sisanya masih dalam uji coba menunggu hasil frekuensi sama, tegangan dan lainnya. Jika ini selesai, Insyaallah tak kan ada pemadaman lagi janjinya.

Penambahan daya 5 MW ini sebutnya akan menjangkau wilayah, Sungai Apit, Pusako, Sabak Auh, dan Mempura ditambah Siak dan Bunga Raya yang lebih dulu teraliri.

Bupati Siak Menyambut baik langkah-langkah yang dilakukan PLN Rayon Siak, menurutnya persoalan listrik ini tak hanya terjadi di Siak di daerah lain juga, akan tetapi dalam kondisi seperti ini PLN dapat mencermati dan juga menyingkapi apa yang menjadi keperluan warga, terutama pada bulan Ramadhan ini.


“Kami berharap, commisioning (uji coba) ini segera tuntas, sehingga tidak terjadi krisis listrik ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar