Kamis, 03 Juli 2014

RASKIN ENAM BULAN BELUM DISALURKAN


Dumai - Hingga saat ini,  penyaluran Beras Miskin (Raskin) di Dumai belum bisa di distribusikan kepada masyarakat yang terdaftar sebagai penerima atau Rumah Tangga Sasaran (RTS). Penyaluran yang seyokyanya diserahkan pertiga bulan ini hingga bulan Juni 2014 belum bisa didistribusikan.

Salah seorang pemerhati masalah sosial yang juga Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Nasional (YLBHN) kota Dumai, Ir Muhammad Hasbi menyayangkan atas masalah ini.

"Sebagai rakyat Dumai kita ingin bertanya kepada Pemko Dumai dan DPRD Dumai, bagaimana tanggungjawab secara moral dan hati nurani kemanusiaan. Karena enam bulan Raskin bantuan pemerintah tidak dibagikan. Meskipun kita bukan selaku penerima kita sangat prihatin dengan hal ini", tegas Muhammad Hasbi, Jum'at (27/6).

Terkait hal itu, Kepala Dinas Sosial, Darmawan, S,Sos melalui Kepala Bidang Pengentasan Kemiskinan, Auzar mengatakan, terlambatnya penyaluran itu dikarenakan data dari Dumai dan Pemerintah Pusat belum singkron.

"Pada intinya keterlambatan penyaluran raskin karena masalah data. Kami sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dibawah Kemenkokesra. Rencananya kita akan gunakan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) 2013 untuk 2014 ini. Tapi oleh Pemerintah Pusat tidak terima", terangnya.

Setelah data ini tak diakui oleh Pemerintah Pusat, kata Auzar, maka Pemko Dumai melalui Dinas Sosial telah menyurati Camat dan Lurah untuk menggunakan alokasi pagu raskin mengacu pada data TNP2K tahun 2014.

"Saat ini kami dari Dinas Sosial juga menunggu Daftar Penerima Manfaat (DPM) dari Kelurahan. Apabila DPM sudah kami terima dari lurah, dalam waktu dekat akan kita ajukan ke Pemerintah Pusat dan juga akan mengajukan surat permintaan alokasi ke bulog", sebutnya.

Solusi kedepan, kata Auzar, pihaknya akan membentuk tim terpadu mengenai pendataan ulang yang akan melibatkan SKPD terkait dan Badan Pusat Statistik (BPS).(su)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar