Jumat, 14 Februari 2014

MEMAHAMI ARTI DEMOKRASI SECARA PRAKTIS

ROHIL-SRR

(*027)

Saat ini indonesia berada dalam proses transisi dari negara otoriter menjadi negara demokaratis.di awali dari seruan-seruan repormasi, bangsa indonesia diberi kesempatan untuk berpartisipasi secara aktif dalam mengambil keputusan politik.mereka sekarang dapat mengutarakan suara dan mengartikulasikan keinginan dan perioritas mereka.setelah melewati empat dekade dibawah pemerintahan otoriter, demokratisasi dan liberalisasi negeri ini masih membutuhkan waktu yang lama. Demokrasi adalah proses yang panjang, sukses hanya datang dalam sekala yang kecil.proses ini akan hanya berhasil, apabila warga negara indonesia turut berperan aktif, campur tangan, membela hak-hak mereka dan berjuang untuk masa depan yang lebih baik.
Namun demikian demokrasi bukan hanya suatu cara memerintah sebuah negara, melainkan harus dimulai dari organisasi dalam komonitas atau daerah kita masing-masing.

Demokrasi tidak hanya muncul melalui keputusan di parlemen saja, melainkan juga melalui dari keluarga dan sekolah.anak-anak harus belajar membangun pendapat mereka sendiri dan bertanya secara kritis.
Untuk apa demokrasi?
Demokrasi tidak dapat dimakan.kalimat inilah yang sering diutarakan dengan lawan demokrasi dan orang-orang yang merasa kecewa dengan hasil yang dicapai oleh demokrasi.
Walaupun demikian,kalimat ini pada intinya tidak benar.
Mengapa? Demokrasi, jika berpungsi, dapat membantu manusia mendapatkan cukup makanan didaerah dimana mereka pada umumnya tidak mendapatkan makanan sama sekali.
Dalam demokrasi rakyat dapat mengganti pemerintah yang tidak melaksanakan tugasnya dengan baik.
Hanya dalam demokrasi terdapat kontrol untuk memastikan agar pemerintah tidak menggunakan kekuasaannya untuk kesejahteraan mereka sendiri.melainkan untuk kesejahteraan seluruh rakyat.jika mereka tidak menjalankan fungsi ini dan memuaskan warga negara mereka, mereka dapat diganti dengan pemerintah baru pada pemilihan umum selanjutnya.pemerintah yang baru ini kemudian juga mendapatkan kesempatan yang sama hingga pemilihan selanjutnya untuk menunjukkan kemampuan mereka mengatur negara untuk kepentingan rakyat.
Apa itu Demokrasi?
Demokrasi berarti kedaulatan rakyat. Namun kalimat abstrak ini tidak banyak menolong negara moderen.menanyakan pendapat setiap kali suatu keputusan penting dibuat sangatlah tidak mungkin dalam negara moderen .oleh karena itu, model demokrasi lain telah mendapat tempat disini, yaitu demokrasi perwakilan
Dalam demokrasi perwakilan rakyat memilih wakil-wakil personal maupun partai yang palin mereka percaya untuk mewakili kepentingan mereka.
Rakyat memilih wakil-wakil mereka dalam parlemen.
Partai yang mendaptkan suara terbanyak mengirimkan anggota -anggota mereks ke deaan perwakilan rakyat daerah dan nasional.disini keputusan-keputusan penting suatu negara dibuat.disini pula pemerintah dipilih, undang-undang baru dibuat,dan arah politik negara ditetapkan.
Apa itu pemilihan?
Pada setisp pemilihan umum,semua warga negara dapat memberiksn suaranya kepada partai dsn kandidat yang paling mereka percaya untuk memecahkan masalah-masalah yang akan muncul di masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar