Senin, 03 Februari 2014

MASYARAKAT SANGAT RESAH "KABUT ASAP" KEMBALI SELIMUTI SIAK

  • JANGAN MERUSAK LINGKUNGAN YANG NYAMAN DENGAN MEMBAKAR HUTAN 
  • KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN BANYAK MENIMBULKAN EFEK NEGATIF TERHADAP LINGKUNGAN MAUPUN KESEHATAN 
SIAK-SRR
(*053)

   Beberapa hari ini Siak kembali di selimuti Kabut Asap, meskipun tidak setebal pada saat musim Kemarau Tahun 2013 yang lalu, namun pada saat ini sudah mulai ada kebakaran Hutan dan Lahan, yang mana dampak dari pembakaran hutan dan lahan  akan menimbulkan kabut Asap terhadap lingkungan. Tentu dengan adanya kabut asap di lingkungan masyarakat sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Dan kini pun banyak masyarakat mengkhawatirkan dengan kembalinya kabut asap yang menyelimti Siak, karena dengaan adanya kabut asap akan menimbulkan berbagai Penyakit seperti Pernapasan dan Batuk-batuk yang dapat menyerang Orang dewasa maupun  anak-anak setiap tahunnya .
     Apa lagi di Kabupaten Siak sering kali terjadi kebakaran Lahan Masyarakat dan Perusahan. Kenapa setiap tahunnya titik-titik Api dan Kebakaran selalu meningkat? mungkin ini suatu pertanyan yang cukup besar dan sangat sulit untuk di jawab, karena dalam hal ini di butuhkan kesadaran tingkat tinggi kepada setiap pihak masyarakat maupun instansi yang akan melakukan aksi pembakaran hutan maupun yang lainnya, yang mana dengan melakukan pembakaran tanpa izin itu dapat menimbulkan efek-efek yang sangat berbahaya untuk diri sendiri maupun lingkungan yang dekat dengan kebakaran tersebut, dalam hal ini pun Pemerintah Daerah maupun Pusat telah menghimbau semua kalangan Istansi terkait Seperti Dinas Kehutanan dan Kepolisian Masyarakat. Namun semua itu tidak ada responnya, bahkan ada UU yang telah mengatur tentang Kebakaran Hutan Dan Lahan tetapi tetap saja tidak berjalan sesuai dengan apa yang di harapkan, bahkan masih banyak kebakaran yang terjadi dimana-mana.Kesadaran setiap pihak saat belum tinggi tentang Kabut Asap ini, agar tidak membakar lahan maupun perusahaan. Berikut penyampaian warga yang sempat di temui oleh tim media SRR mengenai kabut asap yang mulai kembali menyelimuti Siak" dengan kembalinya kabut asap menyelimuti Siak kami benar-benar sangat terganggu, karena ketika melintasi jalan kami harus menghidupkan lampu untuk menghindari terjadinya kecelakaan meskipun kabut asap belum terlalu tebal selain itu juga kabut asap sangat mengganggu kesehatan kami, saat sudah banyak yang terserang penyakit gangguan pernapasan dan bahkan ada juga yang sudah terserang batuk-batuk, di sini kami sangat mengharapkan pihak Pemerintah untuk segera menindak lanjuti masalah kabut asap yang terjadi di Siak"jelasnya.
    Peran Pemerintah saat ini sangat di butuhkan untuk mengatasi masalah kabut asap yang terjadi di Siak. Sebaiknya Pemerintah lebih tegas lagi menangani pihak yang sering melakukan pembakaran hutan maupun lahan, jika dengan peringatan saja tidak cukup maka Pemerintah harus menerapkan sistem denda jika ditemukan pihak yang membakar hutan maupun lahan, agar mengurangi rasa jerah terhadap pihak yang sering melakukan pembakaran hutan. Dan di harapkan mudah mudahan di Tahun 2014 ini akan semakin banyak Rakyat yang sadar kalau Kebakaran Hutan dan Lahan tersebut sangat merugikan banyak orang selain merugikan Diri sendiri, bahkan Negara Indonesi pun ikut terkena dampak kerugiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar