Kamis, 19 Juni 2014

Wabup: Ormas Berperan Sebagai Katalisator

SIAK - SRR
  Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi Selasa pagi (17/6) sekira pukul 8.50 Wib bertempat di Grand Royal Hotel Jalan Sapta Taruna, Kelurahan Kampung Rempak Kecamatan Siak, secara resmi membuka kegiatan Fasilitasi Pemberdayaan Organisasi Masyarakat se-Kabupaten Siak tahun 2014.
  Pantauan ditempat acara, gelar Fasilitasi Pemberdayaan Organisasi Masyarakat se-Kabupaten Siak tahun 2014, yang ditaja oleh Kantor Kesbang dan Politik Kabupaten Siak, selain dihadiri oleh Wakil Bupati Siak, hadir juga, Kepala Kantor Kesbang dan Politik Kabupaten Siak Yurnalis SSos MSi, nara sumber dari direktorat Ketahanan Seni Budaya Agama dan Kemasyarakatan Kementerian Dalam Negeri Drs DR Bahtiar MSi. Ketua LSM Komunitas Masyarakat Mandiri (KMM) Jakarta Ajad Sudrajad SPdI. Dosen Pasca Sarjana UNRI Pekanbaru Drs Andi Yusran MSi. Dosen Pasca Sarjana UR DR Khairul Anwar, serta 50 orang peserta organisasi kemasyarakatan dan LSM se-Kabupaten Siak.
  Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi menyebutkan, Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), partai politik, kelompok kepentingan (interest group) dan lain sebagainya merupakan lembaga infrastruktur politik yang tidak mempunyai akses langsung dalam proses mempengaruhi kebijakan, namun sebagai salah satu komponen bangsa dan pembangunan turut memberikan peran penting dalam berbangsa dan bernegara. Sebab pembangunan tidak akan berhasil tanpa didukung oleh partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat.
  Tak hanya itu, Ormas juga berperan sebagai katalisator (penghubung) antara masyarakat dengan pemerintah. Sebab tidak semua aspek yang bisa dikerjakan oleh pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Namun di suatu sisi, Ormas juga berkewajiban menyukseskan dan mensosialisasikan program-program pemerintah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat, karena itu peran Ormas dan LSM yang ada ditengah-tengah masyarakat, sangat erat hubungannya dalam pelaksanaan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah.
  Semenjak itu, sejak reformasi bergulir sebagai pintu pembuka demokrasi di negara kita, sudah ditandai dengan semakin banyaknya bermunculan berbagai lembaga-lembaga infrastruktur politik, terutama Ormas dan LSM dengan berbagai peran, aktivitas dan kepentingannya masing-masing dalam masyarakat, termasuk di Kabupaten Siak yang kita cintai ini. Untuk itu saya berharap dengan kegiatan Fasilitasi Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan Se-Kabupaten Siak, agar benar-benar diikuti, simak dari berbagai ilmu yang disampaikan oleh narasumber.Tutup Wabup menjelaskan.
  Sementara itu laporan kegiatan yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kesbang Polinmas Kabupaten Siak Yurnalis SSos MSi menyebutkan gelar acara Fasilitasi Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan Se-Kabupaten Siak yang ditaja oleh Kesbang Polinmas Kabupaten Siak ini, intinya adalah untuk meningkatkan hubungan silaturahmi, antara kemasyarakatan dan lembaga dengan pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Siak. Serta menggali ide dan konsep lembaga dalam ikatan persatuan dan kesatuan bangsa. Acara kami gelar selama 3 hari yang berlansung dari hari Senin hingga Rabu (16 -18 Juni 2014) dan diikuti sebanyak 50 orang peserta dari berbagai keorganisasian masyarakat, sebut Yurnalis menyampaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar