Selasa, 24 Juni 2014

Bersama-sama Aktif Sukseskan Pilpres 2014

KAMPAR - SRR
(*js)

Bangkinang kota - Sekdakab Kampar Drs. H. Zulpan Hamid  rapat dengan agenda kegiatan persiapan Pemilihan Presiden (Pilpres) 9 Juli mendatang bersama para Camat se Kabupaten Kampar, TNI, Polri dan KPU di ruang rapat kantor Bupati lantai tiga, senin (23/6).
    Zulpan Hamid mengingatkan waktu pelaksanaan pemilu tinggal 15 hari lagi karena itu perlunya kesiapan kita selaku Aparatur Sipil Negara (ASN),TNI dan Polri.
    Ketua  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kampar Yatarullah menjelaskan masalah persiapan penyelenggaraan Pemilu saat ini sedang berlangsung mulai sosialisasi peraturan, tata tertib pelaksanaan, tempat yang diperbolehkan pemasangan gambar, baliho capres dan soal batas waktunya termasuk juga soal penyelesaian gugatan dari partai peserta pemilihan lalu mulai pemilihan legislatif dan Gubernur di kecamatan Tapung oleh PKS dan partai Golkar Kecamatan Kampar Kiri Hilir tentang penghitungan pemilihan ulang atau  surat suara semua sudah dilaksanakan.
Berkenaan penyelenggaraan Pemilu Pilpres mendatang menyangkut  petugas  PPK dan PPL termasuk PPS Kecamatan sudah ada dan sedang bimbingan teknis mengenai aturan-aturan, sanksi dan tata tertib lain yang harus dipahami oleh petugas KPU di tiap kecamatan, begitu pula masa kontrak kerja sudah diperpanjang SK nya sampai pelaksanaan Pilpres nanti,jelas Yatarullah.
Menyangkut  Kampanye seperti pemasangan alat peraga sekarang sedang disosialisasi  dimana saja tempat yang diperbolehkan pemasangan baliho dan foto atau spanduk dan atribut partai.
Soal logistik KPU sudah menerima surat suara dari pusat dan sekarang telah berada di ibukota Propinsi sedang dalam proses pelipatan surat suara setelah itu baru akan dibagikan ke tiap Kabupaten Kota,terangnya.
Asisten I Nukman Hakim yang menggantikan Sekdakab Kampar memimpin rapat mengatakan Sebagaimana disampaikan Ketua KPU, sejauh ini tidak ada kendala dan mudah-mudahan dalam pelaksanaan nanti juga tidak ada masalah.
Berbagai masukan dalam rapat disampaikan diantaranya Kabag Ops Kompol Martu Harahap Perwakilan polres Kampar Mengingatkan agar dalam pengantaran kotak suara nanti harus betul-betul di kawal oleh semua aparat baik TNI, Polres dan unsur Pemda maupun perwakilan organisasi dan masyarakat ikut menyaksikan.
Setelah itu tempat penyimpanan kotak suara mungkin dikantor desa dan tempatnya di kunci dan dijaga sampai waktu berlangsung pemilihan dan dibagikan ke Tempat Pemilihan Suara (TPS).
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Drs.H.Basrun,M.Pd mengingatkan  menyangkut pilpres di lima desa sudah ada isu berkembang akan ada interpensi maupun intimidasi khusus pemilih karenanya perlu penanganan khusus begitu pula soal pendistribusian kotak surat suara,ujarnya.
    Perwakilan TNI menyampaikan soal perlakuan yang memerlukan perhatian khusus menyangkut pilpres di lima Desa tidak saja terjadi di Kampar tetapi di berbagai daerah komplik perbatasan karena itu penanganannya harus serius dalam artian terukur dengan pertimbangan mungkin soal kearifan lokal setempat.
  Ditambahkan Kasat Intel Polres Kampar AKP Mukti Dahlan Nasution, agar ketua KPU Kampar dan Rahul harus dapat saling kerjasama karena soal pilpres  merupakan satu tujuan yaitu memilih Presiden yang skopnya Nasional, begitu juga menyangkut bidang keamanan pilpres pada intinya kami siap baik TNI dan Polri.
  Keluhan juga disampaikan Camat Rumbiojaya Darusmar, yang mengingatkan Ketua KPU agar dapat ditegur PPK Kecamatan karena selama ini baliho maupun spanduk informasi Pilpres belum pernah ada di Desa maupun Kecamatannya, apakah ini memang tidak dikasih KPU Kabupaten atau dari PPK Kecamatan yang tidak membagikan.
  Kepala BPBD Kampar menghimbau pada juli mendatang itu merupakan puncak kemarau karena itu kepada para Camat untuk mengingatkan warga melalui Kepala Desa agar jangan membuang puntung rokok sembarangan atau  memasang kabel sambungan listrik tidak sesuai standarisasi untuk menghindari terjadinya kebakaran.
  Asisten I Setda kampar Nukman Hakim menyampaikan harapannya mari sama-sama berperan aktif dalam menyukseskan Pilpres agar berbagai persoalan seperti Keamanan akan lancar, situasi masyarakat aman begitu pula soal logistik kotak suara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar