Senin, 10 Maret 2014

PEMKAB SIAK KOMIT PERLUAS LAYANAN IT HINGGA KE PELOSOK





SRR-SIAK

Untuk mewujudkan pengembangan Informasi dan Teknologi (IT) di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Siak, digelar Sosialisasi Peran PD SPS dalam Pengembangan IT, Senin(10/2/14) di ruang Raja Indra Pahlawan.

Siak hingga saat ini terus berupaya mengembangkan pengetahuan bidang IT, seperti memperluas layanan atau jaringan internet di setiap kecamatan, bahkan sampai ke desa-desa terpencil. Tujuannya agar dapat meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik.

Demikian diungkapkan Wakil Bupati Siak Alfedri, saat membuka sosialisasi itu. Dalam acara itu, terlihat juga hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan Syafrilenti, GM PGS Bussiness Services PT Telkom Indonesia, Dirut PD SPS Bok Novriansyah serta peserta sosialisasi.


Selain Itu, pemerintah berharapkan mampu menambah atau meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan defiden atau laba hasil kekayaan yang dipisahkan bisa kembali ke kas daerah
terusnya.Wabup juga menambahkan, sejauh ini pelayanan IT belum sampai ke daerah kecamatan atau desa, sehingga masyarakat kesulitan, karena terpaksa menempuh perjalanan yang cukup jauh untuk mengurus sistem administrasi.

Jarak tempuh dari pusat pemerintah cukup jauh, memakan waktu 5-6 jam. Kasihan masyarakat harus bolak balik mengurus administrasi seperti KTP, KK dan sebagainya. Karena itu, saat ini pemerintah berkomitmen agar layanan IT ini diperluas jaringannya, baik di SKPD maupun di sekolah, ungkapnya.

Proses pengembangan IT di Siak dilakukan BUMD PD. Sarana Pembangunan Siak (SPS) yang diback up langsung oleh PT. Telkom Indonesia. Pada 24 Januari lalu telah dilakukan penandatangan MoU antara PT. Telkom Indonesia dengan PD. SPS tentang penyediaan Layanan ICT Kabupaten Siak.

Sementara itu, Dirut PD. SPS Bob Nofitriansyah mengatakan, PD SPS bertujuan untuk menyumbang PAD, serta turut berperan mendorong pertumbuhan ekonomi dan memperluas kesempatan berusaha dan lapangan kerja. Salah satu bidang usahanya adalah telekomunikasi, informasi dan komunikasi (ICT) dengan brand Siaknet.

Saat ini kami memiliki beberapa pelanggan corporate dan soho, seperti Disdukcapil, Disperindag & UKM, Dishub Infokom, PT. BSP, PT. KITB, SD, SMA,SMK Kecamatan Bunga Raya dan warnet-warnet yang ada di Siak dan Bunga Raya, tambahnya.

Sementara, GM PT. Telkom Indonesia Pontjo Suwarno mengatakan, sebagai BUMN yang bergerak dibidang ICT, PT.Telkom akan terus berkomitmen dan bekerja sama dengan pemerintah dalam peningkatan IT di seluruh wilayah Indonesia hingga ke daerah-daerah, sehingga bisa menjadi jauh lebih baik lagi dan dinikmati masyarakat.

ICT ini sangat penting karena merupakan pilar. PT. Telkom menargetkan pada tahun 2017 mendatang ICT tersedia di setiap daerah Indonesia, tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar