Kamis, 07 Agustus 2014

Pemko Dumai Anggarkan Rp735 Juta Untuk Pembangunan Rumah Ibadah

SRR - DUMAI
Pemerintah Kota Dumai memprogramkan dana hibah pembangunan rumah ibadah seperti masjid dan mushala dalam bulan suci Ramadhan 1435 H mencapai Rp735 juta dan dana itu dikucurkan melalui Bagian Kesra Sekretariat Pemko Dumai.  Kegiatan ini merupakan program tahunan Pemko Dumai. Walikota Dumai Khairul Anwar mengatakan dana hibah ini untuk mendukung kegiatan pembangunan rumah ibadah dan operasional masjid serta mushala dalam rangka pengembangan syiar agama Islam.
Bantuan rumah ibadah yang disalurkan Pemko Dumai dalam kegiatan safari ramadhan ini merupakan wujud kepedulian pemerintah terhadap pembangunan umat dalam upaya mensukseskan visi Dumai menjadi kota berbudaya agamis. Karena itu, Wako berharap pengurus masjid dan mushala yang menerima bantuan pemerintah dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk keperluan pembangunan rumah ibadah dan meringankan beban pendanaan. 
Sebanyak 32 rumah ibadah yang mendapat bantuan dari pemerintah ini terdiri dari 19 masjid dengan besaran Rp25 juta dan 13 mushala sebesar Rp20 juta akan diserahkan langsung oleh Walikota maupun Wakil Walikota. Dalam membangun rumah ibadah, menurut Wako, hendaknya diselingi juga dengan antusias dari jemaah untuk meramaikan masjid dan mushala serts para pengurus dan kaum ulama diharapkan dapat mengajak jemaah untuk memakmurkan masjid dan mushala.  Disamping itu, mengisi bulan ramadhan di masjid maupun mushala dengan kegiatan keagamaan seperti menghidupkan aktivitas jemaah dengan ibadah sunnat sholat tarawih, witir berjamaah serta mengaji alqu'ran atau tadarus. 
"Masjid sebagai tempat peribadatan umat muslim merupakan salah satu faktor penting dalam ritualitas keagamaan, karena berfungsi juga sarana pengembangan akhlak manusia mencapai tingkat madani," kata Wako.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar