Kamis, 07 Agustus 2014

Pemko Dumai Canangkan Pembangunan Berorientasi Pemukiman

SRR - DUMAI

Pemerintah Kota Dumai berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan infrastruktur yang berorientasi pada wilayah pemukiman dan hal itu dituangkan dalam RPJMD 2010-2015. Data Dinas Pekerjaan Umum Kota Dumai, total panjang ruas jalan yang ada di Kota Dumai yaitu 1.845.092 meter, meliputi jalan nasional sepanjang 73.608 meter, jalan provinsi 146.292 meter dan jalan kota 1.625.191 meter. Sedangkan panjang ruas jalan kota yakni 1.625.191 meter.
Untuk jalan kota sendiri kondisinya beragam, dengan rincian jalan berkondisi baik yakni sepanjang 776.065.88 meter atau 47,75 persen dari keseluruhan total panjang jalan. Sedangkan jalan berkondisi sedang yakni sepanjang 557.364.55 meter atau 34,30 persen. Sedangkan sisanya sepanjang 250.785 meter atau 17,95 persen dalam kondisi rusak. Guna mewujudkan komitmen itu, pada tahun sebelumnya telah diselesaikan pembangunan 161 ruas jalan dan gang serta 14 jembatan yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kota Dumai. Berbekal dari data yang ada, pemerintah kemudian melakukan spesifikasi dan menjadikan prioritas pembangunan serta perbaikan yang dilakukan secara bertahap dan terencana hingga 2015.
“ Pada tahun 2014 ini program tersebut akan kita lanjutkan termasuk pemeliharaan tujuh ruas jalan lainnya dan pada tahun 2015, kondisi jalan dengan kreteria baik kita harapkan meningkat menjadi 1.074.665 meter atau 66,13 persen,” kata Wako
 Pemerintah Kota Dumai akan berkordinasi dengan pemerintah pusat dan provinsi melalui dana APN dan APDB provinsiUntuk pembangunan dan pemeliharaan jalan nasional dan propinsi. Pemerintah Kota Dumai juga akan menerapkan sistem jemput bola agar Dumai mendapat perhatian dari Pemerintah pusat terutama terhadap Jalan-jalan yang menjadi tanggung jawab pusat dan Propinsi. Wako menjelaskan Kucuran dana Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum guna mensukseskan program MP3EI.
"Pada 2013, Dumai mendapat kucuran dana APBN sekira Rp355 miliar. Dana tersebut digunakan untuk melanjutkan pekerjaan proyek peningkatan status jalan nasional di Kota Dumai seperti Jalan Soekarno – Hatta, Jalan Pelintung, Bukit Timah dan jalan-jalan nasional lainnya dan menyelesaikan pembangunan Jalan Parit Kitang – Lubuk Gaung menuju kawasan industri Lubuk Gaung di Kecamatan Sungai Sembilan," papar Wako.
Melalui program MP3EI, Wako mengharapkan infrastruktur jalan di Kota Dumai menjadi lebih baik untuk membangkitkan dan meningkatkan semangat pembangunan perekonomian di Kota Dumai dalam menarik minat calon investor untuk berinvestasi di Kota Dumai.
"Dukungan MP3EI akan memberikan kepercayaan kepada calon investor untuk menanamkan investasinya di Kota Dumai dan kita bangga Dumai menjadi salah satu kota di Riau yang masuk dalam program MP3EI yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. Hadirnya investor tentunya akan menciptakan lapangan pekerjaan baru yang akan berdampak pada meningkatnya pendapatan masyarakat. Dengan begitu, angka kemiskinan secara bertahap akan berkurang,” harap Wako.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar