Kamis, 07 Agustus 2014

Polisi Perairan Tanam 1.000 Mangrove

SRR - ROHIL

SINABOI - Polisi Perairan Polres Rokan Hilir Mengadakan kegiatan penanaman pohon mangrove(bakau) di sekitar pantai perairan Rohil dalam rangka aksi peduli mangrove 2014.Kegiatan penanaman diarahkan khususnya di kuala, perairan Sinaboi, Kecamatan Sinaboi Ahad (15/6/2014). Kasatpol Air Polres Rohil AKP Rioso turut langsung melakukan kegiatan penanaman mangrove, bersama personel Polair dan puluhan warga. Rombongan peduli mangrove ini bergerak ke areal penanaman pukul 10.30 WIB, dari pelabuhan Sinaboi ke kuala dan pantai perairan Sinaboi sekitar pukul 11.00 WIB.

Setelah tiba , rombongan terpaksa menggunakan sampan kecil untuk mengangkut mangrove ke tempat yang sedikit tinggi ke tepi kuala tersebut, agar mangrove tidak cepat rusak karena di terjang air pasang atau pasang surut.

"Hal ini adalah program unggulan di perairan. Kami ingin mengajak masyarakat untuk senantiasa peduli dan mau menanam bakau, karena hutan bakau ini merupakan pelestarian lingkungan disekitar perairan yang mana perairan kami hutan bakaunya sudah banyak yang gundul,habis,"kata Rioso.

Lewat kegiatan itu Polair, kata Rioso, memberikan semangat kepada nelayan untuk peduli dengan kelangsungan hutan bakau karena berpengaruh langsung pada habitat ikan yang ada.

"Dengan kegiatan penanaman 1.000 pohon, mudah-mudahan bakau bisa berkembang lebih banyak lagi,"kata Rioso berharap.

Selain itu, salah satu fungsi utama hutan bakau untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan,serta meredam gelombang besar termasuk tsunami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar