Kamis, 07 Agustus 2014

Pejabat-Pegawai Saling Bermaafan

SRR - SIAK

Hari pertama masuk kerja, Senin (4/8), Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi dan Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi, Sekdakab Drs H Tengku Said Hamzah bersalam-salaman dan bermaaf-maafan bersama pejabat dan juga pegawai di lingkungan Pemkab. Ini dilakukan setelah apel pagi di halaman kantor bupati kompleks Tanjung Agung.
Dalam kesempatan itu, Syamsuar mengatakan, Idul Fitri memiliki arti kembali kepada kesucian atau kembali keasal kejadian. Idul Fitri diambil dari bahasa Arab yaitu fithrah berarti suci. “Hari baik dan di bulan baik, tentunya saling bersilaturahmi dan bermaaf-maafan,” ujar Syamsuar.

Dikatakan, dalam kenyataannya perjalanan hidup manusia senantiasa tidak bisa luput dari dosa. Karena itu, perlu upaya mengembalikan kembali pada kondisi sebagaimana asalnya. Itulah makna Idul Fitri.

Dosa yang paling sering dilakukan manusia adalah kesalahan terhadap sesamanya. Seorang manusia dapat memiliki rasa permusuhan, pertikaian dan saling menyakiti. Idul fitri merupakan momen penting untuk saling memaafkan baik secara individu maupun kelompok. “Budaya saling memaafkan ini lebih popular disebut halal bihalal,” sebutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar