Kamis, 07 Agustus 2014

PAD Pariwisata Melebihi Target, Kunjungan di Obyek Wisata Rohul Meningkat

SRR - ROHUL
PASIRPANGARAIAN- Kunjungan di empat obyek wisata Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) meningkat. Sampai awal Agustus 2014, dari sektor pariwisata sudah menyumbang Pendapatan Asli Daerah sekitar Rp106.435.000 dengan jumlah kunjungan sekitar 21 ribu pengunjung.

Awalnya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Rohul menargetkan PAD tahun ini sekitar Rp60 juta. Namun, sampai awal Agustus, target PAD sudah melebihi target.

Kepala Disbudpar Rohul Dra. Yurikawati mengungkapkan penyumbang PAD terbesar dari sektor pariwisata ada di empat obyek wisata yakni Air Panas Hapanasan, Danau Cipogas, Air Panas Pawan dan air terjun Aek Martua.

Kunjungan wisata di empat obyek wisata meningkat dibantu melalui Program Sadar Wisata melibatkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mulai Januari hingga Juni 2014. Kemudian, kunjungan wisata pada Liburan Idul Fitri tahun ini.

"Penerimaan PAD dari bulan Januari hingga bulan Juni mencapai Rp41.435.000. Hal ini dibantu adanya kunjungan dari dinas melalui Program Sadar Wisata di empat obyek wisata," kata Yurikawati, Kamis (7/8/14).

Kemudian, pada Liburan Lebaran Juli-Agustus 2014, kunjungan di empat obyek wisata terjadi peningkatan dan berhasil menyumbang untuk PAD sekitar Rp65 juta.

"Dari Lebaran kedua sampai Lebaran ke empat, di empat obyek wisata ramai di kunjungi. Pengunjungnya rata-rata dari Padang Lawas, Sumatera Barat, Pekanbaru, dan daerah lain," ungkap Yurikawati didampingi Kasi Sarana dan Prasarana Disbudpar Rohul, Ermayulis.

Berdasarkan catatan Disburpar Rohul, kunjungan wisata selama Januari hingga Agustus tahun ini di empat obyek wisata, melalui Program Sadar Wisata dan libur Lebaran jumlahnya mencapai 21 ribu pengunjung.

Kunjungan pada liburan Lebaran jumlahnya mencapai 12.900 pengunjung, terdiri di Air Panas Hapanasan 5.000 pengunjung, Danau Cipogas 4.400 pengunjung, Air Panas Pawan 1.500 pengunjung dan kunjungan di air terjun Aek Martua 2.000 pengunjung.

"Pengunjung di Air Panas Hapanasan meningkat karena ada out bond nya disana, termasuk museum kupu-kupu dan kolam air panas," jelas Yurikawati.

Dia menargetkan, jumlah PAD akan mengalami peningkatan. Pasalnya, mulai pertengahan Agustus tahun ini, Program Sadar Wisata kembali berjalan sampai Desember 2014 nanti.

"Obyek wisata di Rokan Hulu memang sudah layak dikunjungi, apalagi akses sudah bagus sekarang," kata dia.

Meski demikian, Yurikawati mengakui di empat obyek wisata masih perlu disediakan banyak permainan. Seperti di Danau Cipogas, permainan sepeda air dan speed boat menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Namun, sampai saat ini baru ada 3 sepeda air dan 3 speed boat, dimana salah satunya milik desa wisata Sialang Jaya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar