Jumat, 08 Agustus 2014

BUPATI MINTA PNS GELORAKAN SEMANGAT ENTERPRENEURSHIP

SRR - KAMPAR
Bangkinang Kota - Bupati Kampar, H. Jefry Noer meminta seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS)  yang bekerja di seluruh SKPD dijajaran Pemdakab Kampar untuk secara sadar terus menggelorakan semangat enterpreneurship dalam upaya menolong diri sendiri dan sekaligus menolong orang lain dalam rangka peningkatan pendapatan dan sekaligus peningkatan kesejahteraan.
 
Jiwa enterpreneurship dalam konteks semangat untuk berwirausaha dengan memperhitungkan berbagai potensi yang dimiliki akan mampu melahirkan wirausahawan-wirausahawan dari kalangan PNS  yang sekaligus mampu melahirkan PNS yang profesional yang tidak akan menyalahgunakan jabatan dan kewenangannya sebagai aparatur negara dan sekaligus anti korupsi 

Hal itu diungkapkan Bupati Kampar, H. Jefry Noer diberbagai kesempatan ketika bertatap muka dengan PNS, sebagaimana diungkapkan kembali oleh Kabag Humas Setda Kampar, Sabaruddin, S.Sos ketika ditemui di kantor Bupati Kampar di Bangkinang kemaren Selasa (5/8).
 
Ditambahkan Sabaruddin bahwa program lima pilar pembangunan Kabupaten Kampar yang bila dikerucutkan menuju tiga zero yakni zero kemiskinan, zero pengangguran dan zero rumah-rumah kumuh adalah program yang secara logika dapat direalitakan bila semua pihak memberikan dukungan, khususnya dukungan penuh dari kalangan aparatur pemerintah.
 
Seluruh PNS di Kampar harus mampu menterjemahkan program lima pilar dengan tiga zero tersebut dengan berupaya agar terlibat secara langsung dalam upaya merealitakan program tersebut.
 
Setiap PNS tidak harus secara langsung menjadi petani, peternak atau menjadi pengusaha perikanan, tetapi PNS itu harus mampu menjadi manager pada bidang usaha pertanian, peternakan dan perikanan.
 
Sebagai seorang Bupati, H. Jefry Noer menyadari sepenuhnya bahwa gaji atau pendapatan seorang pegawai negeri setiap bulannya bila dibandingkan dengan kebutuhan kehidupan saat ini plus biaya pendidikan anak-anak PNS maka sesungguhnya pendapatan PNS itu masih jauh dari cukup.
 
Justru karenanya sepantasnyalah PNS itu terjun dalam mengelola usaha pertanian, peternakan atau perikanan. Bila PNS terjun pada bidang usaha pertanian, itu bukan berarti PNS harus jadi petani dan bergelut dengan cangkul dan tanah berlumpur.
 
Tetapi yang diharapkan dari seorang PNS yang berjiwa enterpreneurship adalah kemampuan memenej usaha pertanian tersebut dan mampu menjadi manager yang handal dengan memperkerjakan orang lain dalam usahatani  yang dikelolanya. Begitu juga pada usaha dibidang peternakan dan perikanan, ujar Sabaruddin.
 
Selanjutnya tambahan penghasilan dari usaha pertanian, perikanan dan peternakan tersebut akan mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan PNS.
 
Dan disisi lain dengan kemampuan manajerial seorang PNS yang punya semangat dan jiwa enterpreneurship akan terserap pula tenaga kerja lokal dilingkungan tempat tinggalnya.
 
Dan dengan demikian itu juga berarti membuka peluang kerja dan telah berperan dalam upaya nyata mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan.
 
PNS yang punya jiwa dan semangat enterpreneurship  sejati akan mampu hidup bahagia dan punya masa depan yang cerah, punya dedikasi dalam melaksanakan tugas dan akan melahirkan PNS yang taat dan disiplin dalam bekerja.
 
Dan ajaran agama pun mengharapkan agar manusia manjadi mahluk yang penuh keberuntungan. Manusia yang paling beruntung dalam hidupnya adalah manusia yang mampu menolong dirinya sendiri dan juga mampu menolong orang lain untuk hidup lebih baik dan lebih sejahtera, ujar Sabaruddin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar