Jumat, 08 Agustus 2014

Keltan Tunas Muda, Berharap Desa Terbangiang, Pelalawan Jadi Sentral Patin

SRR - PELALAWAN
  • Kelompok Tani Tunas Muda di Desa Terbangiang, berharap desa itu akan menjadi sentra patin di Pelalawan. Daerah itu memang memiliki potensi besar untuk pengembangan usaha patin.
    Riauterkini-PANGKALANKERINCI- Geliat ekonomi kerakyatan di sektor perikanan di kabupaten Pelalawan mulai menunjukkan hasil yang cukup mengembirakan. Misalnya, budi daya ikan air tawar jenis patin dikelola oleh kelompok tani Tunas Muda Desa Terbangiang Kecamatan Bandar Petalangan, sudah melakukan panen tujuh ton.
Meskipun sekala kecil, namun melihat peningkatan dan perkembangan ikan dan sumber air yang memadai, memungkinkan daerah ini menjadi cikal bakal central patin di Kabupaten Pelalawan.

Begitu juga yang disampaikan oleh ketua kelompok tani Tunas Muda, Aldi Syah kepada riauterkini Kamis (7/8/13). Menurutnya, saat ini kelompok Tunas Muda khusus membudi daya kan ikan tawar jenis patin sudah melakukan panen, mencapai tujuh ton.

"Saat ini kita sudah melakukan panen ikan patin mencapai tujuh ton. Angka ini terus bertambah sebab baru sebagian saja yang dipanen," imbuhnya.

Kelompok Tunas Muda ini sebutnya, terdiri dari tiga kelompok yang terdiri dari 20 orang. Sementara itu saat ini terdapat 50 unit kolam.

Jika untuk air katanya, sangat memungkinkan membudi daya patin di Terbangiang. "Kalau untuk air, tak ada masalah, sangat bagus pengairannya," imbuh dia.

Dia berharap kepada pemerintah kabupaten Pelalawan agar melakukan pembinaan. "Iya kedepan kami berharap, budidaya patin disini diperhatikan," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar