Jumat, 07 Maret 2014

PISANG-SERIBU PISANG UNIK DARI PULAU JAWA

BERINGIN JAYA, KUANSING-SRR

(*049)
Dikelurahan Beringin Jaya Kec. Sentajo Raya, tepatnya dilingkungan Sumber  Sari A tidak jauh dari kantor Lurah Beringin Jaya ada pohon pisang yang buahnya lain dari yang lain. Dilihat dari pokok dan daunnya sebenarnya tidak ada yang aneh karna sama persis dengan pisang pada umumnya.Tapi keanehan terletak pada buahnya. Karna panjang tandan pisang ini mencapai empat kali lipat pisang pada umunya. Stuktur sisirnya sangat rapat dan buahnya agak kecil.
Mungin didaerah asalnya pisang ini hanya menjadi pemandangan biasa. Tapi lain halnya di Riau pada umunya pasti masyarakat akan heran melihat pisang yang dikategorikan pisang hias ini.
 
Menurut keterangan sang pemilik pisang seribu ini, Halimah (45 th) bibit pisang aneh ini dia bawa setahun yang lalu dari kampung halamannya dari pulau jawa. Bahkan dulu tandan pisang ini bercabang dua (2) setelah tumbuh beberapa sisir tumbuh cabang lain ditandan pisang tersebut. Dan pisang ini juga bisa dimakan dan rasanya juga manis seperti pisang epat puluh hari ungap Halimah menambahkan.

1 komentar:

  1. Infonya kurang kengkap kabulaten mana tidak sisebutkan sehingga membingungkan pembaca

    BalasHapus